Gandeng Kominfo, Gojek ciptakan keamanan transaksi aplikasi selama pandemi
- by Jihan Nasir
- Jumat, 29 Mei 2020 - 12:22 WIB
Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek yang diluncurkan bulan Februari lalu ini didukung oleh Kominfo, GoPay dan Gojek secara proaktif mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih waspada dalam aktivitas daring.
Program ini memberikan ekstra proteksi keamanan Jaminan Saldo Gopay Kembali untuk menunjang kenyamanan transaksi pengguna di platform daring. Pasalnya, pandemi COVID-19 mengubah perilaku masyarakat Indonesia menjadi pengguna aktif internet, namun hal tersebut tidak seimbang dengan pengetahuan mengenai cara beraktivitas daring dengan aman.
Data Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebutkan penggunaan internet menunjukkan peningkatan hingga 40%, dan akses yang biasanya didominasi dari kawasan perkantoran kini didominasi dari kawasan pemukiman.
Sementara, CfDS UGM mencatat kejahatan siber termasuk penipuan rekayasa sosial juga meningkat terutama menyasar pembelanjaan barang medis dan kebutuhan sehari-hari.
Pihak Gojek menegaskan bahwa keamanan ekosistemnya terus diperkuat. Apalagi selama pandemi, Gojek mengklaim tetap menjadi andalan masyarakat yang berada di rumah, terlihat dari kenaikan transaksi GoPay di layanan GoFood, GoSend dan GoShop serta di luar layanan Gojek seperti e-commerce, gaming hingga donasi digital.
“Sistem kami diamankan dengan Gojek SHIELD, yaitu teknologi keamanan kelas dunia yang menjamin keamanan pengguna saat menggunakan aplikasi Gojek. Gojek SHIELD diaplikasikan di seluruh aplikasi untuk konsumen, merchant dan mitra driver. Penerapan Gojek SHIELD memungkinkan adanya perlindungan keamanan berlapis melalui penerapan verifikasi PIN, dan tidak kalah mutakhir adalah intervensi chat berbasis artificial intelligence, guna mencegah aksi penipuan bermodus manipulasi psikologis,” ujar Genesha Saputra, Senior Vice President IT Governance, Risk & Compliance, GoPay.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal APTIKA, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Pangerapan, menjelaskan “Data yang diterima Kominfo selama pandemi menunjukkan adanya peningkatan penggunaan akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang aktivitas harian masyarakat dan kami perkirakan pemanfaatan internet akan terus meningkat seiring memasuki tatanan kehidupan baru pasca COVID-19.”
“Penggunaan platform digital tidak hanya membantu mempermudah komunikasi masyarakat tetapi juga membantu UMKM untuk terus dapat mempertahankan usahanya dalam masa pandemi ini. Sehingga, kepercayaan publik kepada platform digital penting untuk dijaga dan ditingkatkan.” tutupnya.
Baca juga, Penuhi kebutuhan masyarakat jalani PSBB, Gojek perluas layanan
Artikel Terkait
GrabFood bongkar 5 kebiasaan makan pengguna selama Ramadan #dirumahaja
GrabFood merangkum 5 kebiasaan yang dilakukan para pengguna selama Ramadan 2020 mulai dari tren a..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
5 fitur Android ini yang belum kamu ketahui, begini cara pakainya
Tahukah kamu kalau Android memiliki beberapa fitur tersembunyi? Kali ini, Gadget Diva akan membah..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 4 tahun lalu
- 3,250
Biar tepat sasaran, kenali gaya incaran kamu dari zodiak di Tinder
Astrologi merupakan panduan terpercaya untuk mengetahui karakter seseorang, termasuk dalam mencar..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
#OplasChallenge pakai aplikasi FaceApp lagi tren di Instagram
Setelah #Passthebrushchallenge, Instagram kembali diramaikan oleh Challenge baru yang dinamakan #..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 4 tahun lalu
- 3,250