Wednesday, 4 August 2021
More

    Latest Posts


    New Normal, berapa kali ideal cuci tangan dalam sehari?

    Ada aplikasi cuci tangan, loh! Sudah bukan rahasia lagi jika mencuci tangan merupakan salah satu cara efektif untuk melindungi diri dan keluarga dari bakteri dan penyakit. Pasalnya, tangan kita kerap memegang berbagai benda dan menjadi tempat bersemayam banyak virus dan bakteri.

    Laman pencegahan dan pengendalian penyakit di AS, CDC.gov, menunjukkan setidaknya ada 10 waktu yang harus diperhatikan untuk melakukan cuci tangan. Satu waktu yang paling sering untuk mencuci tangan adalah sebelum, setelah, dan sepanjang kita menyiapkan makanan atau memasak.

    Ini waktu yang diharuskan kita untuk mencuci tangan.
    1. Sebelum, ketika dan setelah menyiapkan makanan
    2. Sebelum makan
    3. Sebelum dan sesudah merawat orang sakit diare atau muntah
    4. Sebelum dan sesudah merawat luka
    5. Setelah menggunakan toilet
    6. Setelah mengganti popok bayi anak atau mencebokinya.
    7. Setelah bersih, batuk atau membuang ingus di hidung
    8. Setelah memegang hewan, memberi makan piaraan, atau membuat kotoran hewan
    9. Setelah merawat binatang piaraan
    10. Setelah menyentuh sampah atau membuang sampah.

    Frekuensi mencuci tangan ini sama dengan yang ada di laman The Active Times. Menurut mereka, setidaknya dalam sehari seseorang akan mencuci tangan sebanyak 10 kali. Itu minimal. Pasalnya, bisa saja ada orang yang setiap memegang sesuatu yang kotor, atau sesuatu yang bukan miliknya, kemudian melakukan cuci tangan sesering mungkin.

    Apalagi saat pandemi Covid-19 masih merajalela. Orang akan langsung mencuci tangan ketika usai memegang gagang pintu, memegang handphone, memegang sisi tangga, dan lainnya yang kerap digunakan sebagai fasilitas publik.

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales dan diterbitkan pada tahun 2015 oleh American Journal of Infection Control (AJIC), orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali per jam. Selain itu ada 10 sentuhan di daerah mata, hidung atau mulut yang jalur utama yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus.

    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) bahkan menyebutnya sebagai vaksin ‘do-it-yourself’, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sejak 2008, menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Global.

    aplikasi cuci tangan

    Jadi, seberapa sering kita harus mencuci tangan? Sebuah studi tahun 2020 oleh University College London (UCL) menunjukkan bahwa mencuci tangan 6-10 kali sehari dapat dihubungkan dengan penurunan risiko infeksi. Tetapi seiring berjalannya hari-hari kita yang sibuk, tidak selalu mudah untuk mengingatkan diri kita untuk mengikuti rutinitas mencuci tangan yang teratur ini.

    Nah, vendor smartphone Samsung, yang juga memproduksi smartwatch berupa Galaxy Active Watch, ternyata telah meluncurkan aplikasi Hand Wash untuk pengguna Samsung Wearable. Aplikasi ini dapat diunduh di Galaxy Store bagi pengguna Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, dan Galaxy Watch Active2.

    aplikasi cuci tangan

    Untuk membantu anda terlibat dalam cuci tangan teratur, aplikasi Hand Wash mencakup fungsi alarm; pengguna dapat memilih tombol pengingat untuk menambah atau mengubah pengaturan waktu alarm mereka. Misalnya, pengguna dapat mengatur alarm yang akan memberi tahu mereka setiap dua jam sehingga mereka dapat memastikan untuk mencuci tangan secara berkala. Jumlah alarm yang disetel setiap pengguna kemudian akan menentukan target di dasbor aplikasi.

    Selain itu, tersedia juga fitur hitung mundur untuk durasi cuci tangan. Jika WHO merekomendasikan cuci tangan selama 20 detik, maka aplikasi Hand Wash Samsung menghitung mundur selama 25 detik. Durasi ini termasuk 5 detik untuk mengoleskan sabun dan 20 detik untuk menggosok.

    Yuk, didownload biar ga lupa cuci tangan.

    1 COMMENT

    1. semenjak pandemi..aturan cuci tangan ini sepertinya menjadi lebih sering…dan tidak tergantung waktu…..mencuci tangan setiap kali keluar…dan frekuensi menyentuh wajah saya perhatikan sekali..atau bahkan tidak sama skali kcuali pas mandi atau wudhu….

      Smoga wabah ini segera berakhirlah….

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR