Wednesday, 19 May 2021
More

    Latest Posts


    New #FaceAppChallenge, hati-hati bahayanya!

    Berbagi foto dan video menggunakan aplikasi seperti FaceApp dengan tambahan filter berupa wajah lebih tua dan menukar gender #faceappchallenge sekarang kembali menjadi populer. Tetapi, paradiva juga harus tau, nih demi menghindari berbagai risiko ketika menggunakan media sosial jangan lupa perhatikan dengan seksama seberapa besar informasi pribadi kamu akan digunakan dan dibagikan oleh aplikasi tersebut.

    FaceApp Pro MOD APK Download v3.6.0.4 [Full Unlocked All Access]

     

    Aplikasi FaceApp sudah mulai beredar kembali di jejaring sosial setelah peluncuran gratis filter “swap gender”. Kegemaran baru ini telah menghasilkan tagar “#faceappchallenge” dan dibagikan sebanyak ratusan ribu di platform Facebook dan Instagram.

    Nah, untuk itu, kekhawatiran tentang keamanan aplikasi pengenalan wajah dan risiko berbagi informasi berupa alasan privasi juga kembali meningkat, lho!

    Fabio Assolini, analis keamanan senior di Kaspersky memastikan bahwa aplikasi tersebut tidak mengandung elemen berbahaya. Namun, karena pengenalan wajah adalah teknologi yang digunakan terutama untuk otentikasi kata sandi, paradiva harus sangat berhati-hati dalam berbagi gambar dengan pihak ketiga.

    “Kami harus memperlakukan bentuk-bentuk otentikasi baru ini layaknya kata sandi, karena setiap sistem pengenalan wajah yang tersedia secara luas pada akhirnya dapat digunakan baik untuk hal bagus dan buruk,” ujar Fabio.

    Menurut Fabio, perusahaan yang memiliki aplikasi semacam itu berpotensi memfasilitasi atau menjual gambar-gambar tersebut kepada entitas yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat modifikasi pengenalan wajah.

    Selain itu, harus diperhitungkan bahwa data ini disimpan di server pihak ketiga, dan juga berpotensi untuk dicuri oleh para pelaku kejahatan siber dan digunakan sebagai identitas samaran tambahnya.

    Oleh karena itu, para analis merekomendasikan bahwa sebelum bergabung dengan tantangan media sosial terbaru, paradiva harus mengetahui keamanan aplikasi dan mengunduhnya hanya dari toko resmi. Nah, paradiva juga jangan sampai lupa untuk menyoroti pentingnya membaca persyaratan privasi untuk memahami hak dan jenis akses yang diminta oleh aplikasi tersebut.

    Jika kamu hendak mengunduh aplikasi, Kaspersky menyarankan untuk mengambil tindakan pencegahan, yaitu pastikan aplikasi andal dan terpercaya, serta diunduh dari situs web resmi. Baca juga ketentuan privasi untuk memahami informasi apa saja yang diminta.

    Paradiva juga harus ingat bahwa perlakukan pengenalan wajah layaknya kata sandi, jangan menggunakannya secara bebas. Kamu juga harus selalu periksa izin yang diminta, seperti login terkait dengan akun yang ada di jejaring sosial tertentu.

    Baca juga, #OplasChallenge pakai aplikasi FaceApp lagi tren di Instagram

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR