Tips bikin caption yang pas untuk Instagram kamu

0
862
Tips bikin caption Instagram

Caption Instagram menjadi salah satu bagian terpenting dalam postingan kita. Terkadang untuk menentukan caption yang pas saja bisa bikin kita mikir seharian. Bener nggak sih, paradiva? Berikut tips untuk bikin caption yang pas untuk postingan Instagram kamu.

Prinsipnya, caption yang powerful dapat memberikan followers kita tertarik untuk memberi likes dan komentar dalam postingan kita. Sebenarnya, apa sih pengaruh caption untuk Instagram kita?

Melalui caption Instagram, kita dapat menunjukkan personal branding, menghibur para followers dan meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Caption Instagram saat ini dapat menampung sekitar 2.200 karakter termasuk emoji dan 30 hashtag.

Namun, hal tersebut tidak juga berarti kamu harus menulis essay yang panjang, dipenuhi hashtag ataupun memasukkan emoji dengan pesan yang misterius. Seperti halnya tulisan dalam situs yang bagus, caption dalam Instagram kamu juga harus menarik dan mudah dibaca serta diikut.

Hal ini juga berhubungan dengan konten dan audiens kamu. Dilansir dari bmmagazine.co.uk, ikuti tips di bawah ini untuk bikin caption yang pas untuk Instagram kamu.

Kenali Audiens kamu terlebih dahulu

Demografi Instagram menunjukkan kepada kita bahwa platfrom ini dirancang oleh orang-orang dari berbagai golongan pendapatan dan sedikit lebih dicintai oleh wanita dibandingkan pria.

Namun, hal ini merupakan percobaan yang luas. Semakin tinggi kamu memahami audiens, maka semakin mudah kamu dapat menyesuaikan strategi pemasaran online Instagram kamu agar sesuai dengan kebutuhan dan prediksi mereka.

Untuk melakukan hal ini, kamu sebaiknya menentukan sendiri siapa target audiens kamu. Lalu, menguraikan informasi yang diperlukan mengenai followers kamu, impian mereka dan tentu saja poin-poin yang mereka inginkan.

Bagi beberapa akun terbaru di Instagram, sulit untuk mendapatkan 1.000 followers dan memenuhi tujuan mereka untuk membuat profil Instagram. Star-up dan para pemula di Instagram mungkin awalnya dapat mengalami kesulitan dan kekecewaan terkait jumlah followers. Hal tersebut yang membuat para pengguna baru Instagram memilih untuk membeli followers dalam sebuah situs.

Untuk menentukan audiens adalah dengan menggambarkan pertanyaan yang harus kamu coba tanyakan kepada dirimu sendiri. Seperti, berapa umur mereka? Dimana mereka tinggal? Jenis pekerjaan apa yang mereka dapatkan? Apa yang mereka lakukan di luar pekerjaan? Hal ini akan memudahkan kamu dalam berhubungan dengan mereka.

Indentifikasi brand seperti apa yang ingin kamu tunjukan

Mengenali brand diri kamu sangat penting dalam Instagram. Branding menjadi hal terpenting dalam strategi pemasaran dalam jejaring sosial yang lebih luas. Kamu bisa mulai bertanya kepada diri sendiri, kamu ingin dikenal menjadi seseorang yang seperti apa. Lalu, buat rekaman suaranya agar kamu bisa mengembangkannya dengan mudah.

Kamu juga dapat mencoba menuliskan beberapa kata sifat yang menggambarkan perusahaan kamu atau diri kamu sendiri agar menemukan kata yang tepat. Misalnya, bold, dapat diandalkan atau hal lainnya yang sesuai dengan branding perusahaanmu.

Secara umum, pengguna Instagram tidak mengharapkan pesan yang tepat. Sebenarnya, itu tergantung pada pasar dan audiens yang ditujukan. Meskipun demikian, kamu harus memberikan pesan yang ringan, menghibur, namun juga menunjukkan karakter dari perusahaanmu.

Pertimbangkan panjang dan pendeknya caption

Ingatlah bahwa banyak orang yang akan menelusuri feeds Instagram mereka dengan cepat. Hal ini berarti kamu harus membuat caption yang singkat, namun juga pesan yang kamu inginkan tersampaikan dengan baik.

Untuk memberi caption pada postingan feeds, hanya tiga baris utama yang akan ditampilkan. Selebihnya akan masuk ke dalam tap more. Maka dari itu, usahakan berikan kata pembuka yang menarik agar mereka dapat diarahkan untuk membaca tulisanmu sampai habis.

Dalam membuat caption, idealnya membuat tulisan tidak lebih dari 125 karakter. Hal tersebut merupakan saran dari Instagram.

Tempatkan kata-kata yang paling penting di awal

Menempatkan kata-kata yang peling di awal caption merupakan hal yang terpenting. Hal ini dikarenakan terkadang hanya kata-kata awal saja yang dapat terbaca oleh followersmu, apalagi jika mereka scrolling feeds dengan cepat.

Ini berarti kamu harus mengungkapkan ide utamamu dalam kalimat utama dengan pendekatan yang proaktif. Letakkan mention dan hashtag di bagian akhir kalimat.

Edit dan rewrite

Luangkan waktu dan jangan ragu untuk menjalani banyak konsep dalam membuat caption. Tulisan yang barus, baik itu komedi atau informatif membutuhkan banyak konsep dan suntingan.

Pastikan setiap kata menampilkan konten dan pesan yang ingin kamu sampaikan. Kumpulkan kata-kata yang tidak perlu untuk mempertahankannya sejelas mungkin. Dianjurkan untuk meminta saran dari orang lain agar tidak kewalahan dan melakukan kesalahan dalam menulis pesan, seperti typo atau kata yang kurang pas.

Baca juga, kenapa kita cenderung membandingkan diri setiap buka Instagram?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here