Friday, 6 August 2021
More

    Latest Posts


    Ternyata minum kopi punya 6 manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

    Paradiva, ada kabar baik nih bagi kamu yang suka ngopi. Ternyata minum kopi punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh. Hmm…. penasaran nggak sih manfaatnya apa aja? Simak, ya!

    Mungkin sebagian dari kalian melakukan ritual minum secangkir kopi hangat di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bahkan, ada juga yang tidak bisa memulai aktivitas mereka secara efektif jika tidak meminum kopi. Jenis kopi yang diminum pun bermacam-macam. Ada yang mengandung kafein atau ada juga yang tidak berkaefin.

    Nah, faktanya, minum kopi ternyata memiliki manfaat kesehatan yang cukup mengejutkan. Mengejutkan karena manfaat ini ternyata tidak diketahui oleh banyak orang. Dilansir dari, Medical Today, manfaat ini diuraikan oleh seorang ahli diet, yaitu Cynthia Sass. Berikut adalah manfaatnya.

    Meningkatkan Mood

    Manfaat pertama dari minum kopi adalah meingkatkan mood menjadi lebih baik dalam arti kebahagiaan. Sebuah studi menegaskan fakta tersebut.

    Para peneliti menemukan bahwa minum kopi terkait dengan emosi positif seperti kesenangan, kebaikan, kasih sayang dan kebahagiaan. Mereka juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang terkait dengan konsumsi kopi.

    Selanjutnya, sebuah studi di Harvard terhadap lebih dari 50.000 wanita menemukan bahwa peningkatan konsumsi kopi berkafein menurunkan risiko depresi.

    Memiliki Antioksidan

    Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat, biji kopi merupakan biji yang ditemukan di dalam buah kecil dan berwarna merah terang atau kuning. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan.

    Sebuah studi menemukan kopi menjadi penyumbang tunggal terbesar terhadap total asupan antioksidan. Ini penting karena 65 persen orang dewasa di Amerika meminum kopi, sementara hanya satu dari 10 yang mengikuti rekomendasi untuk makan lima porsi harian buah dan sayuran.

    Namun, antioksidan yang terkandung dalam kopi terkait dengan perlindungan kesehatan. Polifenol yang disebut asam klorogenik telah terbukti mengurangi peradangan dan mungkin memainkan peran penting dalam perlindungan dari penyakit kronis seperti obesitas.

    Selain itu, buah kopi juga dapat diolah menjadi kompos atau dikeringkan dan diseduh sebagai teh. Pasalnya, buah itu sendiri mengandung kafein, ia juga digunakan dalam minuman berenergi dan beberapa produk lainnya.

    Dapat mengurangi Risiko Diabetes

    Satu meta-analisis dari 30 studi yang diterbitkan sebelumnya menemukan bahwa konsumsi kopi berbanding terbalik dengan risiko diabetes tipe 2. Disebutkan bahwa untuk setiap cangkir kopi setiap hari, peluang pengembang penyakit menurun hingga 6 persen.

    Para penulis mengatakan bahwa alasan yang mungkin untuk hubungan ini termasuk efek antioksidan dan anti-inflamasi kopi, kemampuannya untuk meningkatkan pembakaran kalori dan dampaknya pada susunan dan keragaman mikroba usus pelindung kesehatan.

    Dapat Menurunkan Angka Penyakit

    Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi dapat melindungi peminumnya dari risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara, kolorektal dan prostat, serta penyakit jantung dan penyakit Parkinson. Juga, megonsumsi kopi atau kafein seumur hidup terkait dengan pencegahan penurunan kognitif dan pengurangan risiko stroke.

    Kopi berkafein juga membantu kesehatan otak. Ini meningkatkan kewaspadaan dan juga dapat meningkatkan memori hingga 24 jam setelah konsumsi.

    Meningkatkan Semangat dalam berolahraga

    Kafein ditemukan oleh beberapa penelitian untuk meningkatkan atletik dalam jumlah sedang. Efeknya termasuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kekuatan otot, daya tahan dan kekuatan, selain mengurangi rasa sakit. Dengan kata lain, kopi dapat membantu meningkatkan latih kamu yang mengarah pada kekuatan otot dan atau daya tahan yang lebih baik.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa mengonsumsi karbohidrat dan kafein setelah berolahraga secara intens dan dapat menyebabkan simpanan karbohidrat dalam otot bertambah dengan cepat.

    Kombo tersebut menghasilkan 66 persen peningkatan gilkogen otot (karbohidrat dalam bentuk penyimpanan) empat jam setelah berolahraga secara intens. Peningkatan cadangan energi ini meningkatkan kemampuan kamu untuk berolahraga lebih keras dan atau lebih lama jika kamu siap meningkatkan detak jantung.

    Menghindari Dehidrasi, jika diminum secara konsisten

    Kafein telah lama dikritik karena berhubungan dengan dehidrasi. Pasalnya, kafein memiliki efek diuretik uang memicu kehilangan carian. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sekitar empat hari asupan kafein yang konsisten, tubuh kamu dapat menyesuaikan diri dan menghilangkan efek dehidrasi.

    Kuncinya hanyalah konsistensi. Efek samping diuretik ini, temasuk sakit kepala dan energi rendah yang dirasakan jika kamu kadang- kadang minum satu atau tiga cangkir kopi di pagi hari. Maupun meminumnya di sore hari.

    Baca juga, Dalgona coffee ternyata mengandung banyak kafein

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR