Friday, 6 August 2021
More

    Latest Posts


    Facebook akan menambahkan fitur peringatan berita lama

    Facebook meluncurkan fitur terbaru secara global. Fitur tersebut akan memberikan peringatan untukmu jika kamu ternyata menyebarkan berita lama yang berusia lebih dari 90 hari. Fitur ini diumumkan dalam sebuah postingan blog.

    Fitur peringatan berita lama ini dirancang untuk memberi pengguna lebih banyak konteks tentang artikel sebelum mereka menyebarkannya dengan harapan bahwa konten pada platform tersebut menjadi lebih “tepat waktu dan kredibel”. Pengguna tetap diberikan opsi untuk menyebarkan artikel setelah melihat pemberitahuan tersebut.

    Fitur ini dikembangan sebagai upaya Facebook dalam mengatasi kekhawatiran atas penyebaran artikel yang dibagikan seolah-olah menjadi berita terkini. Sebuah artikel berita tentang serangan teroris beberapa tahun lalu dapat dibagikan seolah-olah menjadi berita yang baru ditulis. Facebook menyebutnya sebagai “sesuatu yang dapat disalah artikan dengan keadaan peristiwa saat ini”.

    Facebook bukan perusahaan pertama yang melakukan pendekatan. Tahun lalu, The Guardian mulai menambahkan year of publication dalam thumbnailnya dari artikel lama ketika dibagikan ke media sosial. Menurut Chirs Moran, kepala inovasi editorial dari The Guardian menyatakan bahwa fitur yang dibuat ini akan menyulitkan jika seseorang ingin menyebarkan ebrita lama untuk menimbulkan kemarahan baru.

    Fitur peringatan berita lama ini akan hadir saat beberapa jejaring sosial bereskperimen menggunakan petunjuk untuk mendorong pengguna mengubah cara mereka memposting.

    Tahun lalu, Instagram mulai memperingatkan pengguna sebelum mereka memposting caption yang berpotensi ofensif pada postingan mereka. Bulan ini, Twitter juga mengumumkan akan menguji fitur untuk mendorong pengguna membaca artikel sebelum mereka me-retweet.

    Baca juga, kenapa perempuan cenderung memandingkan diri setiap buka Instagram?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR