Lebih dari 50 Aplikasi iOS tertangkap bisa memantau kamu dari Clipboard

0
Aplikasi iOS memantau clipboard

Lebih dari 50 aplikasi iOS dilaporkan dapat memantau clipboard melalui penggunanya. Hal ini berkat fitur baru dalam iOS 14 yang bisa memberi tahu pengguna setiap kali mengakses clipboard di perangkat mereka. Setelah sebelumnya, TikTok juga dikabarkan dapat melakukan pemantauan pemantauan tersebut.

Dilansir dari Ubergizmo, peneliti Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk dari ArsTechnica menyatakan bahwa TikTok bukanlah satu-satunya aplikasi yang dapat menyelinap untuk memantau pengguna dari clipboard, ada lebih dari 50 aplikasi iOS populer yang sama-sama melakukan hal tersebut.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi pemberitaan seperti Wall Street Journal, New York Times dan Fox News. Selain itu, aplikasi games seperti Fruit Ninja dan PUBG Mobile. Lalu, aplikasi media sosial juga ditemukan melakukan hal tersebut, yaitu Viber dan Weibo.

Menurut Mysk, “(Pemantauan) ini sangat, sangat berbahaya. Aplikasi ini membaca clipboard dan tidak ada alasan untuk melakukan hal ini. Aplikasi yang tidak memiliki bidang teks untuk memasukkan teks tidak memiliki alasan untuk membaca teks clipboard.” Meskipun, kami tidak yakin mengapa aplikasi ini mencoba mengakses clipboard kamu tidak jelas.

Sementara itu, menyangkut TikTok, perusahaan membenarkannya dengan mengatakan bahwa hal itu dilakukan untuk mencegah spam dan kemudian berjanji bahwa mereka akan menghapus fitur ini. Kami membayangkan bahwa sebagian besar, aplikasi ini tidak mengakeses clipboard kamu karena alasanya berbahaya. Meskipun seperti yang ditunjukkan Mysk, sebenarnya tidak ada alasan mengapa mereka harus mengaksenya di tempat pertama.

Baca juga, ini 3 fitur baru di aplikasi Line Today


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan