Riset: Aplikasi Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok paling sering digunakan

0
media sosial perusahaan

Hari Media Sosial Internasional yang jatuh pada tanggal 30 Juni kemarin, 3 Indonesia mencatat ada 4 aplikasi media sosial terpopuler yang paling sering digunakan pengguna 3. Aplikasi tersebut terdiri dari Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

3 Indonesia mencatat 95% pelanggannya merupakan pengguna smartphone dengan gaya hidup digital yang tinggi dan secara aktif mengakses media sosial setiap harinya. Dari hasil riset tersebut, rata-rata pengguna 3 menggunakan hingga 70% dari kuota yang mereka habiskan setiap harinya untuk mengakses 4 aplikasi media sosial tersebut.

Pada grafiknya, penggunaan Facebook menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna 3, hampir dua kali lipat dari Instagram yang berada di posisi kedua.

Selain itu, hal menarik lainnya yaitu penggunaan TikTok. Media sosial yang relatif baru ini berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang tipis.

Berdasarkan penggunaan data, yang paling sering digunakan yaitu Instagram menjadi media sosial yang rata-rata konsumsi data per hari nya paling tinggi. Tingginya konsumsi data ini didorong oleh durasi penggunaan harian yang tinggi dan basis konten Instagram yang berupa foto dan video.

Di sisi lain, Twitter yang kontennya lebih banyak berbasis teks, memiliki rata-rata konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.

“Peranan media sosial pun menjadi semakin penting di masa pandemi dan ketika orang mulai beradaptasi dengan new normal,” kata Desmond Cheung, Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia.

Kenaikan lalu lintas data social media di jaringan 3 meningkat pesat sebesar 60% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Untuk tetap mudah mengakses media sosial dengan lancar, 3 Indonesia telah mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru Caching Solution. Teknologi ini membantu mempercepat akses paradiva ke beberapa layanan media sosial.

Bersama dengan koneksi 4,5G Pro yang kini sudah 8x lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33.000 desa di Indonesia, paradiva pengguna 3 akan dapat menikmati pengalaman terbaik ketika mengakses media sosial.

3 Indonesia juga menawarkan berbagai keuntungan yang bisa paradiva dapat agar tetap hemat meski kebutuhan untuk mengakses media sosial semakin meningkat. Penawaran paket internet AlwaysOn Unlimited yang memungkinkan kamu untuk bebas mengakses aplikasi apa saja mulai dari pukul 01.00 hingga 17.00 di luar kuota reguler yang tersedia.

Paket AlwaysOn Unlimited juga ditawarkan sesuai dengan kebutuhan paradiva, di mana paket internet tersedia mulai dari Rp55.000 hingga Rp80.000 dengan kuota reguler masing-masing 6GB dan 10GB yang aktif sesuai masa berakhir kartu.

“Media sosial menjadi platform yang kita andalkan untuk mengetahui kabar teman-teman serta kerabat, juga untuk mendapatkan informasi mengenai kehidupan di sekitar kita. Hal ini menjadi motivasi kami untuk memberikan upaya yang terbaik dalam memberikan kenyamanan mengakses media sosial bagi pengguna kami,” tutup Desmond.

Baca juga, Ini sederet keunikan penggunaan Twitter di Indonesia di hari media sosial


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan