Fitur Dark Mode hadir untuk Google Docs, Sheets dan Slides untuk Android. Begini cara pakainya

1
Google AI

Fitur Dark Mode telah hadir untuk aplikasi-aplikasi milik Google seperti, Google Docs, Sheets dan Slides. Namun, sayangnya fitur ini baru tersedia untuk para pengguna aplikasi Android.

Google meluncurkan fitur Dark Mode baru untuk tablet dan ponsel Android kamu. Namun, kamu harus tetap meng-update aplikasi milikmu terlebih dahulu. Hingga saat ini, Google tidak menyebutkan apakah fitur ini akan tersedia untuk versi iOS dari aplikasi Google.

Cara manual menggunakan Fitur Dark Mode

Secara manual untuk menggunakan fitur dark mode dapat dilakukan melalui pengaturan Theme di setiap aplikasi Sheets, Documents atau Slide. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakannya:

  1. Buka Sheets, Documents atau Slide
  2. Klik tombol menu yang terletak di sudut kiri atas. Tombol ini diilustrasikan dengan ikon tiga garis.
  3. Pilih Settings dari beberapa opsi.
  4. Pilih Choose Theme.
  5. Terakhir, pilih Dark, Light atau System default.

Setelah fitur dark mode yang ditambahkan pada perangkatmu, fitur tersebut sudah diatur oleh sistem menjadi theme default. Artinya, sistem dark mode di aplikasi ini mengikuti pengaturan dark mode dalam ponsel atau tabletmu.

Jika kamu ingin mengubah theme menjadi gelap atau terang, maka kamu harus menyesuaikan pengaturan tema di setiap aplikasi.

Melihat Preview dokumen menggunakan Light Mode

Google menyediakan toggle untuk mengubah mode pada aplikasimu. Jadi, kamu bisa mengubah modenya menjadi dark atau light. Hanya dengan menarik tooglenya saja.

Untuk melihat file di Documents atau Spreadsheet menggunakan light mode, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol More melalui ikon tiga titik.
  2. Pilih opsi View untuk mengubah mode menjadi Light.
  3. Aplikasi ini akan mengubah tema previewmu dengan cepat, lalu memungkinkanmu untuk memverifikasi tema agar keseluruhan aplikasi menjadi light mode.

Baca juga, Tutorial menggunakan Google Tasks di Gmail


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan