Sunday, 20 June 2021
More

    Latest Posts


    Ikuti langkah ini untuk back up data di Gmail!

    Ikuti tutorial di bawah ini untuk melakukan back up data pada akun Gmail milikmu. Tutorial ini dapat membantu kamu untuk menyimpan beberapa file penting yang kamu rasa harus dipindahkan dari Gmail agar kumpulan email yang kamu dapat tidak menumpuk. Atau hanya sekadar untuk menjaga-jaga saja.

    Untuk melakukan back up data pada akun Gmail ini, kamu dapat mengekspor Gmail dan akun Google lainnya menggunakan fitur Takeout Google. Kamu juga dapat mengatur cadangan akun kamu melalui fitur tersebut.

    Namun, sebelum melakukannya ada beberapa catatan yang sudah Gadgetdiva rangkum dari The Verge khusus buat kamu yang menggunakan akun perusahaan. Yaitu, jika kamu melakukan back up data pada akun perusahaan, kamu mungkin akan menemukan bahwa perusahaan kamu telah menonaktifkan fitur Takeout.

    Pasalnya, ada aplikasi pihak ketiga yang mengatakan mereka dapat melakukan back up pada akun Gmailmu. Namun, kamu harus memeriksa kebijakan perusahaan kamu terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

    Cara Back Up Akun Gmail

    1. Buka myaccount.google.com
    2. Di bawah opsi Privacy & Personalization, klik Manage your data & personalization.
    3. Setelah itu scroll layar ke bawah, lalu klik Download, delete or make a plan for your data.
    4. Pilihan ini akan membawamu ke halaman Google Takeout. Pilih kotak di sebelah Gmail dan aplikasi lain yang ingin kamu buat cadangannya.
    5. Perhatikan beberapa layanan memiliki tombol berlabel Multiple Format. Klik tombol tersebut, untuk memilih format dimana data kamu yang akan diunduh.
    6. Kemudian, klik Next Step.
    7. Klik Delivery method untuk memilih cara penerimaan data, melihat opsi, termasuk mengirim email link unduhan atau menambahkannya ke Drive, Dropbox atau OneDrive milikmu.
    8. Kamu juga dapat memilih apakah kamu akan mengekspor sebanyak satu akali, setiap dua bulan atau satu tahun. Selain itu, kamu juga dapat memilih jenis file dan ukuran file maksimum.
    9. Setelah selesai, klilk opsi Create Export.
    10. Kamu juga dapat mengeklik Cancel Export atau Create Another Export.

    Baca juga, Tampilan baru Gmail bawa Google Chat, Rooms dan Meet.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR