Ikuti cara terbaik ini untuk berkomunikasi saat menggunakan masker

0
berkomunikasi menggunakan masker

Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir. Kita masih diwajibkan untuk menggunakan masker. Namun, salah satu kelemahan dari menggunakan masker adalah kita jadi lebih sulit untuk berkomunikasi dan menunjukan ekspresi.

Untuk membantu kita semua, Vistaprint-salah satu pembuat masker terbaik- telah melakukan beberapa penelitian untuk mencari tahu beberapa alternatif yang tidak bergantung tanpa melihat gerakan mulut atau ekspresi kamu.

Salah satu pakar bahasa tubuh, yaitu Judi James, memberikan sejumlah tips dalam berkomunikasi saat menggunakan masker. Berikut adalah tipsnya.

Tersenyumlah seperti kucing

Nampaknya, kucing berkomunikasi melalui mata mereka. “Kucing menggunakan ritual penyempitan mata dan berkedip lambat untuk ‘tersenyum’ satu sama lain,” kata Judi. “Manusia lebih dari mampu menggunakan teknik yang sama dengan beberapa kali latihan!”

Meskipun, ini terdengar menyeramkan, namun nggak ada salahnya untuk belajar menggunakan tips ini kan, Paradiva?

Miringkan kepalamu

Ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa kamu memperhatikan mereka atau menunjukkan bahwa kamu mendengarkan apa yang mereka katakan? Cobalah miringkan kepalamu, saran Judi.

“Hal ini adalah bagian dari transaksi normal yang masih dapat membuat kita terlihat tertarik dan bahkan optimis ketika kita menggunakan masker,” ujarnya.

Menopang Eye-Contact

Paradiva yang pemalu, saat ini kamu bisa berkomunikasi melalui eye-contact dengan merasa nyaman. “Melihat ke bawah untuk memutus eye-contact menandakan kalau kamu tidak memiliki keinginan untuk berkomunikasi dan kontak mata. Mengangguk akan memberi respons positif dan aktif,” kata Judi.

Jika kamu terlihat ekspresif atau mungkin berpikir untuk menatap seseorang sambil menyipitkan mata dan berkedip perlahan, seperti pada tips pertama. Mungkin cara ini agak berlebihan, kamu bisa mencoba menggunakan alis sebagai gantinya.

“Mengangkat alis membuat kita terlihat tertarik atau bersemangat melihat seseorang dan alis mata kecilnya, dimana kita mengangkat dan menjatuhkannya dengan cepat akan menunjukkan ketertarikan dan bahkan mengatakan ‘halo’.”

Menggerakan tangan

Setelah melakukan semua tips di atas, tips terakhir adalah menggunakan gerakan tangan. “Kita perlu menggunakan cara alternatif untuk berjabat tangan dan tersenyum, seperti ritual mimied dan pelukan kosong untuk menunjukkan kegembiraan saat bertemu teman atau melambaikan tangan yang berlebih-lebihan namun tetap rendah untuk tetap saling berhubungan,” jelas Judi.

Jika kamu merasa menghindari pelukan akan membuatmu sedikit tertekan, mengacungkan jempol dapat kamu gunakan sebagai cara alternatif. Saran ini berkaitan dengan survei yang lebih luas, dimaan Vistaprint meminta sampel acak dari 2.000 responden Inggris mengenai perasaan mereka saat mengenakan masker.

Ditemukan bahwa lebih dari sepertiga orang Inggris merasa sadar diri ketika mengenakan masker dan sementara 85 persen orang Inggris memiliki masker, hanya 18 persen yang selalu memakainya saat di depan umum.

Baca juga, Tips memakai masker yang benar biar kacamata kamu nggak berembun 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan