Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Tips memilih Face Wash yang tepat dan cara mencuci muka yang benar

    Setelah mengetahui bahwa kita harus mencuci muka minimal 2 hari sekali, langkah selanjutnya adalah memilih face wash atau sabun cuci muka yang tepat untuk kulit kita. Kali ini, Gadgetdiva akan memberikan sejumlah tips dalam memilih sabun muka serta kandungannya yang harus kamu hindari. Simak, ya!

    Sebelumnya, Para ahli kulit umumnya merekomendasikan para pasien mereka untuk mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Yaitu, di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan malam hari sbeelum kita tidur. Hal ini disampaikan langsung oleh dokter ahli kulit Caren Campbell MD di San Fransisco.

    Lantas, bagaimana caranya memilih face wash yang tepat untuk kulit kita? Menurut Campbell, jika kamu memiliki penyakit kulit tertentu, maka kamu harus mencuci muka satu kali saja dengan pembersih muka yang lembut atau menggunakan sabun khusus untuk penyakit kulitmu.

    Berikut adalah Tips dalam memilih face wash yang disarankan oleh Campbell.

    • Jika kamu memiliki kulit yang rentan jerawat, cuci muka sekali sehari dengan sabun muka yang mengandung benzoil peroksida.
    • Jika kamu memiliki kulit sensitif dengan jerawat atau rosacea, cuci mukamu satu kali sehari dengan pembersih sulfur.
    • Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, cuci muka sekali sehari dengan asam gilkolat atau pembersiha sam salisilat.

    Campbell juga merekomendasikan beberapa face wash untuk semua jenis kulit sebagai berikut:

    • Cetaphil Gentle Skin Cleanser
    • CeraVe Hydrating Facial Cleanser
    • SkinCeuticals Gentle Cleanser

    Kandungan Face Wash yang harus dihindari

    Menurut Hogan, ketika ingin memutuskan untuk membeli pembersih muka ada beberapa bahan yang harus kamu hindari. Periksa label dan pastikan tidak ada yang benar-benar bisa membuat kulitmu lebih kering atau iritasi, seperti:

    • Sodium Lauryl Sulfate (SLS): ini biasanya ditambahkan dalam banyak pembersih muka untuk memberikan busa. Namun, bahan ini dapat menghilangkan minyak alami di dalam pelindung kulit kamu. Selain itu, SLS dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit.
    • Fragrance: Sebaiknya digunakan pembersih dengan label yang mengatakan “fragrance-free” supaya lebih aman. Fragrance merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
    • Alkohol: Alkohol dapat ditambahkan ke dalam formula pembersih yang lebih tebal, namun dapat membuat kulit kering. Hogan menyatakan untuk berhati-hati dengan pembersih wajah yang berbasis alkohol jika kulit kamu kering dan sensitif.

    Cara mencuci muka yang benar

    Berikut adalah langkah mencuci muka yang benar dari Hogan:

    1. Basahi wajah kamu dengan air hangat.
    2. Gunakan kapas atau handuk bayi untuk mengoleskan pembersih ke wajah kamu.
    3. Pijat pembersih ke kulitmu dengan lembut selama 20 detik.
    4. Bilas dengan air hangat.
    5. Tepuk (jangan gosok) wajahmu dengan handuk kering yang lembut.

    Jika kamu memiliki penyakit kulit yang tidak kunjung membaik dan tidak bisa menggunakan sabun cuci muka yang dijual dengan bebas, konsultasikan dengan dokter kulitmu untuk mendapatkan diagnosis dan resep perawatan yang bermanfaat.

    Baca juga, Mencuci muka sebaiknya minimal 2 kali sehari

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR