Monday, 12 April 2021
More

    Latest Posts


    Kapan SMS pertama kali dikirim??

    Paradiva tahu nggak sih kapan SMS pertama kali dikirim? Jawabannya adalah 3 Desember 1992. SMS pertama dikirimkan bersamaan dengan dirilisnya lagu Whitney Houston “I Will Always Love You” yang mencapai tangga lagu ke #1 di AS dan “Home Alone 2” yang menduduki puncak box office.  Seorang arsitek perangkat lunak berusia 22 tahun bernama Neil Papworth mengirim SMS pertama kali pada hari itu.

    Meskipun teknologi ini dirancang oleh Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert dari GSM Corporation pada tahun 1984, pesan SMS pertama dikirim pada bulan Desember 1992 oleh arsitek perangkat lunak Sema Group Neil Papworth.

    Papworth menggunakan komputer untuk mengirim teks “Selamat Natal” kepada Richard Jarvis melalui jaringan GSM Vodafone di Inggris. Jarvis diketahui juga seorang karyawan di operator tersebut. SMS itu dikirim dan diterima menggunakan handset Orbitel 901.

    “Saya (saat itu) tidak tahu apakah mereka benar-benar berpikir itu akan menjadi hal yang besar,” ujar Papworth pada Sky News.

    Kala itu, pengiriman SMS masih gratis karena hanya bisa dikirimkan ke pelanggan sesama operator. Satu SMS yang dikirim ukuran file-nya sebesar 128 bytes.

    Butuh waktu lama bagi SMS untuk menemukan adopsi yang tersebar luas, baik karena jaringan seluler itu sendiri (jangkauannya masih jauh di tahun 1992). Tren saat itu masih tentang telepon yang tombolnya berputar daripada mengetik. Sampai akhirnya smartphone tiba.

    Pada tahun 1993, seri GSM Nokia menjadi yang pertama mendukung SMS konsumen. Pada 1995 lalu lintas jaringan hanya mencapai 0,4 pesan per pelanggan GSM per bulan. Jumlah itu akhirnya meroket dan pada 2010 diperkirakan 6,1 triliun SMS dikirim yang rata-rata 193.000 SMS per detik.

    Hingga Juni 2017, ada 781 miliar pesan yang beredar di AS. Hari ini, miliaran teks terus dikirim setiap hari meskipun pean teks arus utama telah cenderung ke aplikasi seperti Apple iMessage, Facebook Messenger, WhatsApp, Viber, WeChat dan Line.

    Baca juga, Penelitian ungkap populasi dunia akan membeludak pada tahun 2064

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR