Siapakah yang pertama kali membuat website?

0
website pertama

Paradiva, tahu nggak siapa yang pertama kali meluncurkan website? Seorang ilmuwan asal Inggris bernama Tim Berners-Lee pada Maret 1989. Awalnya, ia membuat World Wide Web yang diciptakan sebagai sarana berbagi informasi antar ilmuwan.

Berners-Lee ini lahir di London pada tahun yang sama seperti Steve Jobs dan Bill Gates alias tahun 1955. Nah, saat menjadi karyawan di CERN pada tahun 1980-an, ia mengamati betapa sulitnya melacak proyek dan sistem komputer dari ribuan peneliti orgnaisasi yang tersebar di seluruh dunia.

“Pada zaman itu, ada informasi yang berbedai di komputer yang berbeda, namun kamu harus masuk ke komputer yang berbeda untuk mendapatkannya. Juga, kadang-kadang kamu harus memperlajari program yang berbeda di setiap komputer,” ujarnya.

Namun, berkat kegigihan dan penasarannya terhadap proyek komputer tersebut, akhirnya hanya dalam kurun waktu satu setengah tahun, Berners-Lee bisa membangun infrastruktur awal web termasuk HTTP dan HTML. Yang akhirnya bisa menghasilkan website pertama.  Hmm, hebat banget nggak sih?

Situs web pertama kali dihost untuk karyawan di komputer NeXT milik Berners-Lee dalam markas CERN di Janewa pada 20 Desember 1990, sebelum akhirnya diumukan secar apublik melalui posting alt.hypertext Usenet pada 6 Agustus 1991. Berada dalam host di https://info.cern.ch, situs web petama ini membeirkan instruksi untuk mengakses dokkumen dan menyiapkan servermu sendiri.

Saat ini, Berners-Lee tepat terlibat secara mendalam dengan web setelah meninggalkan CERN pada tahun 1994. Setelah itu, ia mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) dimana hingga saat ini ia masih menjadi direktur organisasi.

Baca juga, Kapan SMS pertama kali dikirim?


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan