Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Gojek hadirkan #MelajuBersamaGojek untuk jutaan UMKM Go-Digital

    Gojek hari ini meluncurkan inisiatif #MelajuBersamaGojek sebagai solusi inklusif dan komprehensif bagi UMKM untuk go-digital dalam rangka menyambut peringatan hari Nasional UMKM Indonesia pada 12 Agustus 2020 mendatang.

    Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini merupakan keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

    Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. Selain menyediakan solusi yang komprehensif untuk UMKM seperti layanan pengiriman GoSend dan GoBox, Gojek juga  bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya termasuk mitra pembayaran seperti QRIS dan Link Aja, dan penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

    Inisiatif #MelajuBersamaGojek ini ditandai dengan diluncurkannya situs web melajubersamagojek yang dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM nusantara.

    Dalam situs web tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan solusi ekosistem Gojek yang paling tepat sesuai dengan bisnis mereka dipandu oleh rangkaian angket sederhana.

    Nah, ada berbagai ragam solusi inklusif yang dihadirkan ekosistem Gojek untuk para pelaku UMKM termasuk, seperti Selly yang merupakan aplikasi keyboard dan dashboard yang memudahkan UMKM melayani pelanggan.

    Ada juga MidTrans Payment Link sebagai solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online. GoBiz yang merupakan aplikasi lengkap untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturan promosi, pembayaran).

    Ada juga Moka, aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai, serta GoSend & GoBox sebagai layanan logistik dan pengiriman cepat, di dalam dan antar-kota. GoPay sebagai e-wallet dan e-money nomor satu di Indonesi.

    GoFood sebagai aplikasi pesan antar makanan terbesar di Asia Tenggara dan terakhir GoShop sebagai layanan belanja online dengan mudah.

    Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KompaG).

    Melalui kolaborasi erat antara Gojek dan berbagai program dan instansi pemerintah, Inisiatif #MelajuBersamaGojek juga diperkuat dengan semangat gotong royong, di antaranya adalah turut berpartisipasi aktif mengkampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), memperluas akses pelaku pasar tradisional melalui inisiatif Pasar Mitra Tani, serta menjalin kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk penyaluran pinjaman bunga ringan untuk UMKM.

    Andre Soelistyo, selaku Co-CEO Gojek menjelaskan bahwa dalam empat bulan terakhir, terdapat 120.000 UMKM baru yang bergabung ke dalam ekosistem Gojek dan mempertahankan bisnisnya di tengah situasi pandemi.

    Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LDFEB UI) menemukan 94% dari UMKM yang beralih go digital dan bergabung ke dalam ekosistem Gojek di tengah pandemi adalah usaha mikro, dan hampir setengahnya (43%) adalah pengusaha pemula.

    “Sangatlah penting bagi UMKM konvensional untuk bertransformasi menjadi usaha digital agar mereka bisa beradaptasi sesuai perubahan perilaku konsumen yang kini lebih banyak menggunakan platform digital untuk memenuhi segala kebutuhan,” jelas Andre.

    Selanjutnya Andre menekankan bahwa mendukung UMKM merupakan komitmen jangka panjang perusahaan karya anak bangsa tersebut.

    Baca juga, Gojek Xcelerate kenalkan 3 Starup Inovatif Berdampak Sosial

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR