Thursday, 21 January 2021

Samsung resmi luncurkan Galaxy S21 dan Galaxy S21+ secara global

Samsung resmi memperkenalkan smartphone anyar terbaru milik mereka, yaitu Galaxy S21 dan Galaxy S21+ pada peluncuran acara bertajuk Galaxy Unpacked yang digelar secara live...
More

    Latest Posts


    Studi menemukan masker respirator N95 dapat dibersihkan menggunakan rice cooker atau instant pot

    Masker respirator N95 dapat dibersihkan menggunakan rice cooker atau instant pot. Sebuah penelitian di Universitas Illnois, Urbana-Champaign menemukan metode tersebut.

    Dilansir dari Slash Gear, sebuah studi menemukan metode baru pembersihan masker respirator N95 menggunakan peralatan rumah tangga biasa. Yaitu, rice cooker atau instant pot.

    Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa rice cooker yang menghasilkan panas yang kering selama 50 menit dapat menghilangkan kontaminasi dari dalam dan luar masker. Pada saat yang sama, metode sanitasi juga dapat menjaga filtrasi dan kesesuaian masker.

    Para peneliti mengatakan bahwa metode sanitasi ini memungkinkan pemakainya untuk dengan aman menggunakan kembali persediaan terbatas dari respirator yang awalnya dimaksudkan untuk menjadi barang sekali pakai.

    Mengingat, masker N95 sangat dibutuhkan selama pandemi virus corona. Pasalnya, masker tersebut tak hanya dapat melindungi para pengguna dari droplet, melainkan dapat juga menyaring partikel kecil yang mungkin membawa virus.

    Pasokan respirator ini sangat sedikit sejak awal pandemi. Para peneliti menyatakan bahwa ada banyak cara berbeda untuk mensterilkan sesuatu. Namun, kebanyakan metode merusak penyaringan atau kesesuaian respirator N95. Tim telah berhipotesis bahwa panas yang kering mungkin merupakan metode yang dapat mendekontaminasi masker sambil mempertahankan filtrasi dan kesesuaiannya tanpa memerlukan persiapan khusus atau meninggalkan residu kimia.

    Peneliti juga memiliki tujuan untuk menemukan metode yang dapat diakses secara luas oleh orang-orang di rumah. Peneliti memverifikasi bahwa dengan mereka menggunakan satu siklus preset rice cooker untuk membersihkan masker.

    Pengaturan tersebut mempertahankan isi kompor pada suhu sekitar 100 derajat celcius mampu membersihkan masker selama 50 menit di dalam dan di luar. Metode sanitasi ini efektif pada empat kelas virus yang berbeda, termasuk virus corona dan ternyata lebih efektif daripada sinar ultraviolet.

    Setelah sanitasi, tim menguji respirator dan menemukan mereka mempertahankan kapasitas filtrasi lebih dari 95% dan tetap fit. Masker juga dapat bekerja dengan baik setelah 20 siklus dekomentasi di dalam kompor listrik.

    Baca juga, tips menghindari penipuan phishing di Netflix

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR