Friday, 22 January 2021

S Pen Samsung akan jadi Ketegori Perangkat Tambahan

Samsung baru saja mengungkapkan Galaxy S21 Ultra baru akan menjadi ponsel S pertama yang mendukung Stylus S Pen. Akan tetapi, Samsung sudah mengatakan bahwa...
More

    Latest Posts


    Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-75, Bank Indonesia keluarkan Uang Rupiah 75 Ribu

    Uang kertas terbaru telah ramai dibahas oleh warganet. Ternyata memang uang rupiah senilai 75 ribu tersebut diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-75.

    Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada hari ini (17/8), Pemerintah dan Bank Indonesia meresmikan uang kertas baru sebagai bentuk dari rasa syukur atas anugrah kemerdekaan dan pencapaian RI. Uang dengan nominal 75 ribu itu diterbitkan sesuai dengan usia RI yang menginjak 75 tahun.

    Terdapat filosofi di balik desain uang rupiah 75 ribu seperti yang dijelaskan oleh Perry Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia. Pada sisi muka, terdapat dua gambar proklamator kemerdekaan Indonesia, yaitu Soekarno dan Hatta. Sementara, itu terdapat juga peristiwa historikal proklamasi kemerdekaan RI yang ditunjukkan dengan gambar pengibaran bendera merah putih. Ada pula berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan RI. Yang ditunjukkan dengan gambar MRT, jembatan dan jalan Tol Trans-jawa.

    Selanjutnya, pada bagian belakang uang tersebut terdapat gambar anak Indonesia yang mengenakan beragam pakaian adat dan motif kain Nusantara yang mencerminkan semangat memperteguh kebinekaan. Sementara, gambar satelit Merah Putih sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045. Beragam filosofi tersebut dibalut dengan tema mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan dan bentuk optimisme dalam menyambut masa depan bangsa yang gemilang.

    Berbeda dari uang kertas pada umumnya, uang rupiah khusus ini akan berubah warna dan dinamis apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, hasil cetaknya akan terasa lebih kasar apabila diraba, gambar yang terlihat apabila diterawang ke arah cahaya. Jika kamu meilhatnya dengan sinar ultraviolet, maka hasil cetaknya akan memendar.

    Meskipun telah diterbitkan, rupanya ini tidak dapat digunakan sebagai tambahan likuiditas atau pelaksanaan kegiatan ekonomi. Hanya sebagai peringatan Hari Kemerdekaan RI. Hal ini disampaikan langsung oleh Sri Mulyani Indrawati, selaku Menteri Keuangan RI pada peresmian tersebut.

    “Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp. 75 ribu dengan jumlah yang dicetak 75 juta lembar. Ditandatangani oleh menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI. yang dilansir dari Kompas.com.

    Kalau Paradiva ingin memilikinya, Bank Indonesia memperbolehkan kita untuk menurakan uang rupiah ini melalui pemesanan online pada aplikasi Pintar yang telah disiapkan. Hal ini disampaikan langsung oleh Perry dalam konferensi pers.

    “Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan kemerdekaan ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah Rp. 75 ribu. Kami telah distribusikan uang kemerdekaaan ke seluruh kantor-kantor Bank Indonesia,” jelas Perry. “Secara online melalui aplikasi Pintar yang kami siapkan per hari ini, sejalan dengan protokol COVID-19,” ujar Perry.

    Baca juga, sambut Hari Kemerdekaan, IM3 OOREDOO gandeng musisi tanah air

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR