Ikuti Tips ini untuk mengatasi akun kamu yang dihack

0
akun dihack

Paradiva, apa yang akan kamu lakukan jika tiba-tiba akun milikmu dihack oleh seseorang? Pasti bakal panik, kan? Nah, sekarang kamu nggak khawatir karena Gadgetdiva punya tips untuk mengatasi akun yang diretas dan cara menghindarinya. Simak, ya!

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mengetahui akunmu dihack adalah jangan panik. Tetaplah fokus agar kamu tidak mengambil risiko yang lebih besar lagi. Mulailah berpikir untuk menyelamatakan uang dan data, melindungi temanmu dari scammer, lalu baru ikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan kembali akunmu.

Tips mengatasi jika kamu tidak dapat melakukan login pada akunmu sama sekali

Dilansir dari Kaspersky, dalam banyak kasus, pengguna pertama kali mengetahui bahwa akun mereka telah dihack karena tidak dapat melakukan login. Pasalnya, hal pertama yang dilakukan oleh para hacker adalah mengganti password, mengunci korban dan mendapatkan kendali penuh atas akun yang mereka curi.

Jika kamu sedang mengalami kendala seperti ini, ingat jangan panik. Ikutilah beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasinya.

  • Ganti password pada aknumu. Jika kamu bertindak dengan cepat, hackers mungkin belum memiliki banyak waktu untuk melepaskan email dari akun kamu.
  • Peringatkan sebanyak mungkin orang bahwa akun kamu telah diretas. Komunikasikan kepada seluruh rekan dan orang yang kamu cintai.
  • Posting pesan di jejaring sosial. Jika seseorang mengetahui bahwa akunmu sedang dihack, maka mereka cenderung tidak akan tertipu jika hackers mulai mengirim permintaan atas nama kamu. Seperti permintaan uang tunai atas keadaan darurat, skema ini kerap terjadi.
  • Hubungi bank atau layanan keuangan lainnya jika hacker telah meretas akun dalam sistem pembayaran yang kamu gunakan atau dengan kartu kredit yang kamu milliki.
  • Melakukan pemindaian pada komputer menggunakan perangkat lunak antivirus demi memastikan bahwa komputermu bebas dari malware yang dapat digunakan untuk mencuri password.
  • Membuat daftar layanan terpenting terkait dengan akun kamu yang dihack. Ingat kembali seluruh layanan yang kamu masuki menggunakan akun tersebut dan seluruh layanan yang mengirim email pengaturan password ke akun tersebut.
  • Cobalah masuk ke layanan tersebut dan putuskan linknya dari akun yang telah diretas.
  • Ubahlah password untuk akun terkait serta seluruh layanan yang menggunakan password sama seperti akun yang diretas. (Sebaiknya kamu juga mengubah pertanyaan keamanan untuk layanan lainnya jika pertanyaan tersebut juga digunakan pada akun yang diretas. Lebih baik lagi, kamu juga harus menyiapkan otentikasi dua faktor.
  • Hubungi dukungan layanan akun dari coba pulihkan akses akun yang terpengaruh. Lihat instruksi untuk Facebook, Google, Instagram dan Twitter.

Baca juga, Ikuti Tips untuk mengamankan akun Gmail dari Hackers


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan