Ikuti ini sebagai tips mengamankan akun TikTok kamu!

0
Kebocoran TikTok

Paradiva gemar memainkan aplikasi video singkat, TikTok, bukan? Nah, kamu sudah sadar belum betapa beresikonya keamanan dan privasi kamu saat mengakses aplikasi TikTok? Eits, sepertinya paradiva perlu ikuti tips dibawah ini untuk mengamankan akun TikTok kamu!

Bukan hanya berlaku untuk TikTok, sebenarnya ketika paradiva menggunakan platform media sosial, kamu sudah menghadapi tantangan untuk tetap menjaga privasi akunmu dari scammer, spammer, dan cyberbullies.

Nah, untuk membantu kamu melindungi diri, ESET akan memandu melalui opsi privasi dan keamanan yang TikTok berikan kepada penggunanya untuk mengamankan dan melindungi akun.

Kelola Akun Saya

Saat mendaftar, paradiva memiliki opsi untuk melakukannya menggunakan salah satu opsi sistem masuk tunggal yaitu menggunakan nomor telepon atau email. Dalam pengelolaan akun, TikTok membuatnya cukup mudah dan pengaturannya ditempatkan di bawah “Kelola Akun Saya”.

Platform juga memungkinkan untuk mengotentikasi akun, baik dengan mengirimkan pesan teks verifikasi ke nomor telepon atau mengotentikasi menggunakan email. Agar aman, paradiva dapat memilih kedua opsi tersebut. Jika ingin menambahkan sandi, kamu akan diotentikasi lagi menggunakan pesan teks, hanya dengan begitu paradiva dapat membuatnya.

Privasi dan Keamanan

Opsi ini pada dasarnya berfungsi sebagai hub untuk mengelola semua izin dan akses yang terkait dengan akun paradiva. Saat membuat akun di TikTok, akun itu publik secara default, kamu dapat mengubah opsi di bagian “Discoverability” atau “Kemampuan Untuk Ditemukan” serta jika aplikasi menyarankan akun kamu kepada pengguna lainnya yang mungkin tertarik.

Untuk keamanan, bisa dibilang TikTok mencoba mengambil pendekatan yang komprehensif. Salah satu opsi yang diberikan kepada paradiva adalah memutuskan apakah pengguna lain dapat atau tidak dapat mengunduh video kamu, tetapi saat ini, opsi tersebut hanya berjalan dalam basis uji coba. Jika kita lihat dalam pengaturan TikTok malah tidak ada sama sekali.

Untuk bertukar pesan dengan siapa pun, paradiva harus mengikuti mereka, dan mereka harus mengikuti kembali. Aplikasi media sosial menganggap kontak ini sebagai “teman” kamu. Jadi, spam atau pesan kasar dari troll yang melimpah di media sosial lain dibatasi oleh daftar kontak kamu, yang mengurangi risiko karena paradiva memilih sendiri orang yang dapat mengirimi pesan.

Di sisi lain, paradiva mungkin akan mengikuti banyak pembuat konten, jadi hal ini tidak menghilangkan risiko menerima pesan yang meragukan. Namun, untuk menghilangkan risiko tersebut dapat dilakukan dengan menonaktifkan pesan langsung sepenuhnya. Jika tidak ingin melakukan hal itu, kamu dapat memblokir pengguna berdasarkan kasus per kasus, yang akan muncul di daftar blokir kamu.

Paradiva juga dapat memutuskan apakah pengguna lain dapat berduet dengan video kamu, yang berarti mereka menggabungkan video kamu dengan video mereka sendiri. Paradiva dapat memilih antara menonaktifkannya, mengizinkan semua orang untuk berduet dengan kamu atau membatasinya hanya untuk teman-teman.

Saat menelusuri TikTok, paradiva juga akan melihat video yang mungkin ingin kamu kunjungi lagi nanti, dengan menyukainya, konten tersebut akan dikumpulkan di bagian video yang disukai di profil dan kamu dapat mengizinkan semua orang untuk melihat apa yang kamu sukai atau membuatnya tetap pribadi dengan menekan tombol di setelan privasi.

Memoderasi komentar juga merupakan salah satu opsi yang diberikan kepada paradiva. Sekali lagi, kamu dapat menonaktifkannya sepenuhnya, membatasinya untuk teman, atau mengizinkan semua orang untuk berkomentar.

Aplikasi ini juga menawarkan filter, yang secara otomatis akan memfilter spam dan komentar yang menyinggung saat diaktifkan, dan paradiva dapat menyempurnakannya lebih jauh dengan menambahkan kata kunci tertentu, yang jika disebutkan, akan secara otomatis menyembunyikan komentar.

Sebelum dan sesudah mengunggah, Paradiva masih dapat mengedit beberapa opsi privasi untuk masing-masing video seperti mengizinkan duet, komentar, dan menjadikan video itu publik atau pribadi.

Keamanan

Dalam opsi keamanan ada tawaran lapisan keamanan melalui Verifikasi 2 Langkah, fungsinya adalah untuk memverifikasi setiap kali ada login ke akun kamu yaitu melalui SMS ke nomor ponsel yang didaftarkan dan akun email.

Dengan langkah ini, setiap kali ada upaya login darimana pun, paradiva akan dikirimi kode verifikasi melalui SMS atau email, sehingga meminimalisir kemungkinan pembajakan atau peretasan akun dari peretas.

Mengomentari besarnya antusiasme penggunaan TikTok, IT Security Consultant PT Prosperita–ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengatakan ”Seringkali kepopuleran sebuah aplikasi membuat para pengunduhnya lupa diri, mereka ingin segera mungkin menggunakannya tapi tidak benar-benar memahami secara mendalam aplikasi yang digunakan, terutama tentang proteksi keamanan akun, sehingga menempatkan mereka sebagai obyek yang mudah untuk dieksploitasi.”

Baca juga, 5 Tren Kecantikan di TikTok yang sebaiknya kamu hindari


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan