Monday, 18 January 2021

Samsung Perkenalkan Robot Rumah Tangga baru, Bisa Ambil Minum untuk Kamu

CES nggak akan seru tanpa Samsung memamerkan robot baru. Setahun setelah meluncurkan bot bola seukuran jeruk bali Ballie, Samsung telah mengungkapkan beberapa mesin baru...
More

    Latest Posts


    Seorang remaja di AS menulis 27.000 postingan Wikipedia dalam bahasa yang tak ia gunakan

    Pengguna Wikipedia AmarylissGardner ditemukan menulis lebih dari 20.000 postingan Wikipedia. Ia adalah seorang remaja asal Amerika Serikat yang menggunakan bahasa Skotlandia pada postingan tersebut. Hebatnya, remaja ini nggak bisa berbahasa Skotlandia.

    Awal minggu ini, seorang pengguna Reddit bernama Ultach merinci sebuah penemuan yang mereka lakukan tentang Wikipedia dalam bahasa Skotlandia. Selain Gaelik, Scots merupakan salah satu bahasa asli Skotlandia.

    Ribuan entri Wikipedia yang ditulis di dalamnya merupakan salah satu koleksi bahasa Skotlandia terbesar yang dapat kamu akses online secara gratis. Mereka menemukan seorang remaja Amerika yang berasal dari North Carolina menulis 49 persen dari semua entri tersebut.

    Menggunakan nama pengguna AmaryllisGardner, remaja berusia 19 tahun ini telah menulis lebih dari 20.000 postingan dan melakukan sekitar 200.000 pengeditan dalam Wikipedia. Ia mampu menulis begitu banyak sejak usia 12 tahun.

    Dilansir dari Engadget, mayoritas postingan yang ditulis oleh AmarylissGardener menampilkan kata dalam bahasa Skotlandia yang salah eja dan tidak menyertakan konstruksi tata bahasa yang benar. Nampaknya, tulisan yang dibuatnya menggunakan bantuan penerjemah online untuk kalimat yang ditulisnya dalam bahasa Inggris Amerika.

    Sebagian alasan mengapa tidak ada yang memperhatikan maupun menghentikan vandalisme ini adalah karena tidak banyak yang berminat mengunjungi Wikipedia dalam bahasa Skotlandia. “Tidak ada yang peduli tentang pemeliharaan [Wikipedia Skotlandia],” kata Wikipedian MJL, salah satu administrator situs web tersebut.

    “Seseorang mengungkapnya karena tidak ada yang melakukannya. Ia tidak diberi bimbingan apapun dalam menuliskannya. Akhirnya, artikelnya diterjemahkan dengan sangat buruk,” jelasnya lagi.

    Masalahnya ada dua. Bahasa Skotlandia adalah bahasa yang terancam punah dan komunitas Wikipedia sekarang perlu memutuskan apa yang harus dilakukan dengan semua entri. Beberapa orang menyatakan situs web tersebut harus menghapus kontribusi AmaryllisGardner dengan alasan bahwa ia cenderung merugikan.

    Namun, Michael Dempster, selaku direktur Pusat Bahasa Soktlandia di Perth menyatakan bahwa ia akan lebih baik untuk mendapatkan kontribusi yang diberikan. “Kami tahu bahwa anak ini telah melakuakn pekerjaan yang luar biasa dan telah menciptakan infastruktur yang dapat diedit,” katanya pada The Guardian.

    “Hal ini adalah sumber yang bagus tetapi membutuhkan orang-orang yang melek bahasa Skotlandia untuk mengeditnya sekarang. Ini memiliki potensi untuk menjadi fokus online yang hebat untuk bahasa tersebut di masa depan,” jelasnya.

    Hasil lain yang tidak menguntukan daari semua ini adalah bahwa orang-orang telah melakuan pelecehan terhadap remaja tersebut, meskipun pada kenyataannya tampaknya ia memilki niat baik untuk berkontribusi di Wiki.

    “Aku baru berusia 12 tahun ketika membuat akun ini. Terkadang ketika kamu memulai sesuatu dalam usia yang masih muda, kamu tidak dapat melihat bahwa kebiasaan yang kamu kembangkan tersebut tidak sehat dan tidak membantu seiring bertambahnya usia,” kata AmarylissGardener di Wikipedia.

    Baca juga, Shahrzad Rafati berhasil taklukkan teknlogi video online

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR