Peneliti temukan adanya tanda kehidupan di Venus

0
Venus

Sebuah kelompok astronom menemukan adanya tanda kehidupan di planet Venus. Dalam makalah yang diterbitkan hari ini, mereka menemukan gas fosfin dalam atomsfer Venus yang tebal. Mereka percaya fosfin tersebut berasal dari mikroorganisme yang hidup di sejenis biosfer alien.

Jane Greaves, seorang astronom pada Universitas Cardiff di Wales. Pertama kali mereka mendeteksi adanya gas fosfin di Venus pada 2017 lalu. Pada Maret 2019, mereka mengonfrimasi penemuan tersebut menggunakan teleskop yang lebih kuat di Chilli.

Mereka menemukan fosfin pada tingkat yang berkisar dari lima hingga 20 bagian per miliar. Jumlah ini ribuan kali lebih banyak daripada yang ada di atmosfer bumi. Namun, penelitian mereka terhenti karena pandemi virus corona dan waktu terbatas yang dihabiskan Venus di atas Bumi.

Dilansir dari The New York Times oleh Endgadget, para ilmuwan belum mengumpulkan mikroorganisme dari Venus. Yang diketahui oleh para peneliti adalah bahwa cahaya terus-menerus memecah gas fosfin, sehingg aperlu diisi ulang.

Secara teoritis, mikroba dapat melakukan hal tersebut. Namun, beberapa ilmuwan tidak begitu yakin bahwa fosfin dihasilkan oleh kehidupan anaerobik. Paling tidak, temuan baru ini kemungkinan akan mengarah pada lebih banyak penelitian di sana yang sering dianggap tidak ramah dan tidak ada tempat bagi organisme hidup.