Keseruan fandom di Twitter, dari aksi challenge hingga fanart

0
Twitter Periscope

keberagaman percakapan di aplikasi Twitter telah menciptakan jajaran fandom yang tidak hanya terbatas pada K-Pop saja, namun juga mendukung artis favorit lainnya untuk para penggunanya.

Tentunya dimasa pandemi ini, Twitter menjadi tempat bagi para fans untuk tidak hanya mengikuti artis favorit mereka, tapi juga untuk mendapatkan berita terkini tentang proyek terbaru sang idola.

Sementara itu, fans tetap terus mengapresiasi artis favorit mereka dengan berbagai cara unik, seperti membuat karya seni atau dengan ucapan hari jadi kepada Agnez Mo dan Dian Sastro dengan sentuhan emosional.

Di Twitter, paradiva akan selalu menemukan komunitas fans yang sesuai dengan ketertarikan kamu. Lalu, bagaimana cara bergabung dengan Twitter untuk menemukan basis penggemar yang sesuai dengan minatmu? Simak dibawah ini, ya!

Ikuti percakapan para fans

Salah satu cara yang sering digunakan bagi para fans untuk berinteraksi dan mendapatkan update dari Twitter adalah melalui akun Twitter fanbase. Jajaran akun yang dijalankan oleh para fans setia ini, menjadi akun yang paling aktual untuk mendapatkan informasi terbaru tentang artis favoritmu, dari Retweet tentang berita terbaru, tagar terbaru, dan aktivitas para fans dengan artis favorit kamu.

Untuk bisa menemukan akun basis penggemar sesuai minat paradiva. Twitter bakal memberikan informasi dalam bahasa apa saja yang kamu inginkan.

Hanya dengan mencari nama artis favorit di Twitter, dan melihat beberapa top Tweet yang muncul, menyebutkan bahwa akun tersebut adalah basis penggemar dari seorang artis, misalnya “akun fanbase,” “fanbase” atau sejenisnya, untuk memudahkan paradiva menemukan akun yang tepat untuk diikuti.

Bergabung dalam percakapan

Jika paradiva ingin mengetahui semua aktivitas artis favoritmu, gunakan Tagar untuk menyortir semua Tweet tentang artis tersebut.

Tagar atau simbol #, digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet, dan dapat mengelompokkan dan mencari Tweet yang serupa. Dengan menggunakan tagar untuk menemukan Tweet yang berhubungan dengan artis favoritmu, paradiva bisa melihat semua Tweet yang menyebut artis tersebut, dan menerima berita terkini.

Contohnya, tagar #agnezmo digunakan oleh fans Agnes Monica untuk mendukung musisi internasional asal Indonesia tersebut. Mulai dari peluncuran lagu baru, konser, karya seni fans, dll, ada dalam tagar #agnezmo, memudahkan penggemar lain untuk mengetahui apa saja yang sedang dilakukan oleh Agnez Mo sebagai artis favorit mereka.

Jika paradiva ingin berpartisipasi lebih aktif dalam percakapan, carilah tagar-tagar yang yang berhubungan dengan aktivitas atau tantangan untuk para fans. Tidak semua tagar berkaitan dengan penggalangan dana seperti #MatchAMillion, terkadang yang kamu perlukan hanyalah sedikit waktu untuk berpartisipasi dalam sebuah aktivitas.

Beberapa waktu lalu, linimasa Twitter yang dihebohkan dengan tagar #RaisaThrowback, dimana Raisa meminta para fans untuk mengedit fotonya. Tanpa menunggu waktu yang lama, fans membalas Tweet tersebut dengan editan yang unik dan mengundang tawa.

Terhubung langsung dengan artis favoritmu

Paradiva bisa menggunakan Twitter untuk terhubung langsung dengan artis favoritmu dan menerima informasi terbaru secara langsung dari mereka.

Untuk memastikan bahwa paradiva mengikuti akun yang benar untuk menerima update, kamu dapat mengikuti Twitter Topic. Dengan mengikuti sebuah Topik, kamu tidak hanya mengikuti artis favoritmu, tapi juga bisa sejumlah akun lainnya yang terdiri dari pengamat, fans atau mereka yang suka berbagi tentang artis favoritmu di Twitter.

Setelah mengikuti akun-akun utama yang terkait dengan artis favoritmu, paradiva akan mendapatkan berita terkini mengenai aktivitas mereka dan berkesempatan untuk berinteraksi langsung. Baik dengan fitur Twitter Q&A ketika mereka sedang beristirahat, atau program eksklusif Twitter seperti sesi live streaming #TwitterBlueroom.

Di #TwitterBlueroom, mereka akan berbagi lebih banyak tentang kehidupan mereka di balik layar, menjawab pertanyaan para fans saat live stream, atau bahkan melakukan giveaway!

Simak dan dukung

Sebelum pandemi, aktivitas-aktivitas seperti menonton video musik artis favorit, ajang penghargaan, dan talkshow pun telah menjadi rutinitas wajib seorang penggemar

Walaupun acara-acara tersebut terjadi di negara lain, Twitter memberikan update terkini kepada para fans, dan terhubung dengan fans lain untuk saling berbagi kesenangan.

Bagi paradiva fans K-Pop, menyimpan konten visual adalah aktivitas utama. Berbagi foto dan video di Twitter adalah cara fans untuk mengabadikan momen favorit mereka di akun Twitter mereka, memudahkan anggota lain di komunitas untuk berbagi melalui Like atau Retweet dari foto atau video tersebut.

Karya seni dari para fans (fanart) adalah salah satu Tweet yang paling banyak dibagikan oleh para fans K-Pop. Seperti fanart dari seorang fans grup Stray Kids (@astraeares), adalah salah satu contoh tipe Tweet yang akan semakin lengkap jika disuguhkan dengan foto.

Aksi dari sebuah pertunjukkan dari grup K-Pop idola juga sering ditemukan di Twitter. Banyak fans menangkap aksi lucu dari artis favoritnya ketika sedang berada di panggung, sehingga mereka ramai mengunggah video tersebut di Twitter, dan menjadi pembahasan yang lucu di Twitter dengan fans lainnya.

Dari Twitter ke dunia nyata

Di Twitter, beberapa aksi dari dukungan para fans juga membawa dampak positif dalam dunia nyata. Seperti aksi dari para ARMY BTS di bawah ini yang mendonasikan dana kepada LBH APIK dalam rangka ulang tahun Jeon Jung-Kook, salah satu member BTS.

Apapun minatmu, paradiva akan selalu menemukan komunitas di Twitter. Ikuti percakapan dan bergabunglah dengan komunitasnya di Twitter mulai dari sekarang, ya!

Baca juga, Twitter lakukan ujicoba untuk Fitur Voice DM


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan