Tips Pasien Jantung Olahraga di Tengah Pandemi

0
hari jantung sedunia

Di Hari Jantung Sedunia, pasien penyakit ini menjadi perhatian, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sudah bukan rahasia lagi jika penderita Covid-19 dengan penyakit penyerta merupakan korban meninggal paling banyak. Maka dari itu dibutuhkan pola yang tepat untuk pasien penyakit jantung agar bisa tetap bugar dan terhindar dari Covid-19.

Dr. Rien Afrianti, Sp.PD, Sp.JP, FIHA mengatakan jika virus SARS-Cov-2 ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sementara penderita penyakit jantung memang memiliki sistem imun tubuh yang lebih rendah dari orang sehat. Jika keduanya berada di satu tubuh maka sistem kekebalan tubuh pasien jantung tak akan kuat.

hari jantung sedunia

“Meksipun begitu, bukan berarti penderita penyakit jantung tidak boleh berolahraga, terutama di tengah pandemi. Bagi pasien yang sudah pernah mengalami serangan jantung, olahraga justru dapat membantu agar serangan itu tidak terjadi lagi,” ujar Dr. Rien saat acara bincang BaBe 1-on-1 bersama dokter spesialis jantung itu, Kamis, 1 Oktober 2020.

Di Hari Jantung Sedunia ini, Dr. Rien pun memberikan beberapa tips agar pasien jantung aman berolahraga.

1. Lakukan olahraga berintensitas ringan (maksimal 150 menit/minggu) atau intensitas sedang (75 menit/minggu).

2. Perhatikan denyut jantung selama melakukan olahraga. Cara menghitung maksimal denyut jantung adalah 220 dikurangi usia. Dalam olahraga intensitas sedang, denyut jantung ideal adalah 50%-70% dari jumlah maksimal, sedangkan intensitas ringan di bawahnya. Jika denyut jantung sudah melebihi hitungan ini, maka olahraga harus dihentikan.

3. Tetap menerapkan protokol kesehatan selama berkegiatan, yaitu memakai masker, jaga jarak minimal 1.5 meter, serta cuci tangan dengan sabun.

4. Tetap mengkonsumsi obat rutin untuk penyakit jantung.

BaBe sebagai platform untuk membagikan beragam konten dan berita turut melihat pentingnya membagikan informasi yang akurat kepada para penggunanya, termasuk mengenai kesehatan dan COVID-19.

“Terdapat banyak informasi yang beredar mengenai bagaimana penderita penyakit jantung menyikapi COVID-19. Acara bincang BaBe 1-on-1 dengan Dokter Spesialis Jantung ini diharapkan dapat memberikan informasi yang kredibel dan bermanfaat bagi para pengguna BaBe,” kata Shelly Tantri, Senior Business Development Manager, BaBe.

“Jutaan orang di Indonesia menggunakan BaBe untuk mendapatkan konten dan berita yang informatif serta menghibur, sehingga kami memiliki prioritas untuk melindungi keamanan serta integritas komunitas kami dan juga platform kami,” tutupnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan