Saturday, 31 July 2021
More

    Latest Posts


    5 Internet Browser Alternatif Keren Namun Tak Terkenal

    Paradiva, kalau bosan menggunakan browser yang itu-itu aja sepertinya kamu perlu mencoba beberapa browser alternatif ini deh. Browser ini dijamin bakal menambah pengalaman seru buat kamu.

    Google Chrome, Safari Apple, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge memang bagus dan nyaman. Namun, jika kamu keluar dari pilihan tersebut, kamu akan melihat ada banyak alternatif di luar sana. Browser yang berfokus pada keamanan dan privasi hingga yang lain memprioritaskan penyesuaian pilihan.

    Mungkin beberapa pilihan di bawah ini bisa menjadi alternatif kamu saat browsing. Dilansir dari Popsci, berikut adalah beberapa browser alternatif yang bisa kamu gunakan.

    Vivaldi

    Dengan interface yang sangat dapat disesuaikan, cepat dan modern, Vivaldi menggabungkan pendekatan privasi yang ketat dengan beberapa ide inovatif tentang cara terbaik untuk browsing web. Browser ini juga dapat mengambil jeda sampai kamu siap untuk emmulai lagi.

    Sejak awal, Vivaldi memblokir semua pelacak web dan iklan online. Namun, kamu dapat mengubah pengaturan ini dan mengizinkan iklan di situs yang ingin kamu dukung, seperti Sains Populer, misalnya.

    Vivaldi dapat memungkinkan pengguna untuk emmanipulasi tab browser. Misalnya, dengan cara membagi dua tab untuk menempati masing-masing setengah dari jendela browser atau menumpuknya di atas satu sama lain untuk mengurangi kekacauan di dalam aplikasi.

    Ada juga alat catatan terintegrasi, jika kamu ingin menuliskan renungan pribadi, ide atau pengingat saat menavigasi web. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan pintasan keyboard serta gerakan mouse yang dapat disesuaikan dan ditambahkan ke Vivaldi.

    Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk berpindah lebih cepat antar web, mengakses pencarian web secara instan dan selalu dekat dengna link ke situs favorit kamu. Selain itu, karena browser dibangun di atas Chromium, Vivaldi kompatibel dengan ekstensi Google Chrome.

    Vivaldi ini tersedia secara gratis dan kompatibel dengan Windows, macOS dan Linux.

    Opera GX

    Seperti yang mungkin kamu duga, Opera GX adalah sepupu Opera dan kedua browser berbagi beberapa fitur. Mereka memprioritaskan penjelajahan web yang cepat dan penyesuaian interface, serta keduanya hadir dengan teknologi pemblokiran iklan bawaan. Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah Opera GX secara khusus dibuat untuk menarik para gamer.

    Misalnya, kamu dapat mencegah gagap yang mengerikan dalam game kamu dengan membatasi berapa banyak sumber daya sistem kamu (waktu prosesor dan memori) yang boleh digunakan Opera GX. Kamu juga dapat membatasi penggunaan jaringan browser, membebaskan lebih banyak bandwidth, menyorot semua tab yang memperlambat komputer kamu sehingga kamu dapat menutupnya jika kamu mau.

    Twitch dan Discord dibangun langsung dalam Opera GX, sehingga kamu dapat mengawasi channel dan board favorit kamu tanpa harus membukanya di tab browser. Kamu juga jadi bagian khusus dari browsr yang disebut GX Corner. Fitur ini dapat menghadirkan berita terkini dari dunia game, plus penawaran dan link ke game online gratis.

    Opera GX memiliki lebih banyak opsi penyesuaian daripada Opera, jadi kamu dapat menyesuaiakn warna browser agar sesuai dengan tema apapun yang telah kamu konfigurasikan. Terakhir, sama seperti sepupunya, Opera GX hadir dengna VPN bawaan untuk menjaga komunikasi kamu tetap terenkripsi dan terlindungi (meskipun tidak secepat atau sekemas fitur seperti VPN khusus).

    Opera GX tersedia gratis. Serta kompetibel untuk digunakan dengan perangkat Windows dan macOS.

    Brave

    Keamanan dan privasi pengguna yang ditingkatkan adalah dua pendorong terbesar di balik Brave. Browser ini memiliki layar tab baru default yang menunjukkan kepada kamu berapa banyak pelacak online yang diblokir. Jadi, kamu akan tahu persis berapa banyak waktu yang telah kamu hemat.

    Dalam hal pemblokiran pelacak dan periklanan, browser ini jelas merupakan salah satu browser paling agresif. Brave juga menawarkan cara alternatif untuk mendanai situs web dan kamu dapat menggunakan sejumlah kecil cryptocurrency untuk mendukung atau memberi tip pada situs yang bermitra dengan browser.

    Menggunakan Basic Attention Tokens (atau BAT) ini bersifat opsional. Tetapi, jika kamu benar-benar terlibat, kamu dapat memperoleh pembayaran kembali dengan melihat iklan yang di browser. Hal ini adalah alternatif yang ambisius untuk mencoba mendanai web, namun ini hanyalah puncak gunung es dalam hal alasan mengapa Brave layak menjadi browser default kamu.

    Browser ini merupakan inteface yang rap, intuitif dan didasarkan pada dasar kode Chromium yang sama seperti Chrome. Brave juga mendukung sejumlah besar ekstensi yang telah dikembangkan untuk browser Google.

    Brave tidak menawarkan opsi penyesuaian sebanyak ebberapa pesaingnya. Namun, kamu dapat menyesuaikan pemblokiran iklan dan pelacak di setiap situs yang kamu kunjungi.

    Bahkan, memotong pelacakan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Brave tersedia secara gratis dan kompetibel dengan Windows, macOS dan Linux.

    Tor

    Tor merupakan browser untuk mengakses jaringan Tor. Jaringan ini merutekan koneksi kamu di sekitar ribuan relai yang dijalankan oleh volunterr sehingga jauh lebih sulit untuk dilacak.

    Jika kamu mengkhawatirkan privasi online kamu dan ingin melindungi identitas dan lokasi kamu, maka browser Tor bisa menjadi alternatifnya.

    Selain itu, kamu jagan sampai terlempar oleh semua kerumitan teknis yang ada di baliknya, pasalnya Tor bekerja seperti browser lainnya. Perbedaan utamanya adalah ebebrapa detik ekstra yang diperlukan untuk memulai dan penjelajahan hanya sedikit lebih lambat karena lalu lintas terus-menerus dialihakan ke seluruh jaringan Tor.

    Dengan memulai sesi web baru, Tor memungkinkan kamu mengubah ulang identitas kamu kapan saja, sehingga situs web tidak akan menyadari bahwa kamu adalah orang yang sama. Browser juga memungkinkan kamu ketat dengan skrip dan media yang berjalan di web.

    Selain itu, memungkinkan kamu untuk mematikan, memutar otomatis video, misalnya. Sayangnya, tidak ada adblocker dalam browser tersebut. Namun, semua pengaturan privasi ini pasti akan mempersulit pengiklan untuk melacak kamu di seluruh web.

    Selanjutnya, setelah kamu menutup aplikasi, semua history web kamu akan segera terhapus. Dari segi tampilan dan nuansa, browser Tor lebih mendasar, namun karena dibuat dengan kode yang sama dengan Firefox, kamu juga mendapat akses ke banyak koleksi ekstensi dan add-on yang dibuat untuk browser Mozilla.

    Tor tersedia secara gratis dan kompetibel dengan perangkat Windows, macOS dan Linux.

    Pale Moon

    Pale Moon memiliki desian yang nampak seperti versi lama Firefox. Namun, tidak ada yang kuno dari mesin penjelajahan pusatnya yang dapat memberimu pengalaman browsing web yang lebih baik.

    Fokus utamanya adalah efisiensi dan penyesuaian. Namun, salah satu hal terbaiknya adalah sumbernya terbuka sepenuhnya. Artinya, tidak ada Google, Apple atau Microsoft di belakang Pale Moon. Jadi, tidak akan ada perusahaan induk yang mencoba mengalihkan kamu ke layanan web atau akun lain.

    Dalam hal kustomisasi, kamu benar-benar dapat melakukan skin ulang Plae Moon dengan puluhan tema yang berbeda. Browser ini akan membiarkan kreativitasmu menjadi liar. Selain itu, kamu juga dapat melihat tingkat fleksibilitas yang kamu peroleh dengan Pale Moon segera setelah kamu membukanya dengna sejumlah blok pintasan yang dapat kamu edit dan atur ulang sesuka kamu.

    Sayangnya, kamu tidak dapat memasang adblocker atau tracker protection secara default melalui Pale Moon. Namun, ada banyak add-ons yang dapat kamu pilih dari berbagai macam kategori.

    Mengatur bookmarks, download dan history browsing dapat kamu gunakan dengan mudah. Ada juga pembaca umpan RSS teintegrasi untuk mengikuti artikel terbaru dari situs favorit kamu.

    Jika kamu ingin masuk ke browser yang dapat kamu kenadilkan sepenuhnya, memutuskan hubungan dengna raksasa teknologi besar dalam bisnis browser, Pale Moon akan cocok untuk kamu gunakan.

    Browser ini tidak memiliki polesan yang sama seperti beberapa browser yang lebih terkenal, namun masih memiliki banyak hal yang ditawarkan dan ada forum komunitas online yang ramai dan dapat kamu hubungi jika kamu membutuhkan bantuan.

    Pale Moon dapat kamu gunakan secara gratis dan kompatibel dengan Windows dan Linux.

    Baca juga, Ikuti cara ini untuk hindari misinformasi di WhatsApp

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR