Sunday, 9 May 2021
More

    Latest Posts


    Evolusi Manusia Modern, Wajah Makin Kecil dan Gigi Bungsu Menghilang

    Evolusi manusia diyakini tak pernah berhenti, Bahkan manusia modern yang hidup saat ini juga mengalami evolusi. Para ilmuwan yakin jika bayi-bayi yang lahir di masa sekarang juga akan mengalami evolusi, terutama pada bentuk wajah.

    Para ilmuwan di Australia menemukan jika evolusi manusia modern sekarang telah mengalami evolusi mikro. Dr Teghan Lucas dari Flinders University di Adelaide mengatakan jika evolusi mikro itu terjadi pada wajah manusia. Dikatakannya, wajah manusia akan menjadi lebih kecil dengan rahang yang pendek. Ini artinya, jumlah gigi akan semakin berkurang dan kemungkinan tidak ada lagi gigi bungsu di mulut manusia ke depannya.

    “Hal ini terjadi seiring dengan berjalannya waktu, dimana manusia belajar untuk menggunakan api dan memproses makanan. Akan banyak orang yang lahir tanpa gigi bungsu,” ujar Teghan, seperti dikutip dari Metro.co.uk, Sabtu, 10 Oktober 2020.

    Dalam penelitian yang dilakukannya juga ditemukan, selain tak memiliki gigi bungsu, sebagai gantinya, beberapa orang akan lahir dengan tulang tambahan yang berada di lengan dan kaki. Bisa jadi beberapa manusia akan mengalami koneksi yang tak normal, melibatkan sekitar dua atau lebih tulang yang ada di kaki mereka.

    Manusia juga dipercaya akan memiliki perubahan arteri di dalam tubuh. Arteri terbentuk saat bayi berada di dalam rahim dan merupakan pembuluh utama yang memasok darah ke lengan bawah dan tangan. Tetapi hal ini menghilang selama masa kehamilan dan digantikan oleh arteri radial dan ulnaris.

    “Tetapi semakin banyak kasus yang menahannya, sehingga seseorang dapat memiliki ketiga arteri. Tren evolusi ini akan berlanjut pada mereka yang lahir 80 tahun dari hari ini, dengan arteri median menjadi umum di lengan bawah manusia,” tulis laporan tersebut.

    Lucas juga mengungkap jika ternyata evolusi manusia modern kali ini lebih cepat ketimbang evolusi manapun dalam 250 tahun terakhir.

    Diyakini, pada masa awal manusia hidup, tubuh nenek moyang kita sangat tinggi dengan ukuran kaki yang sangat besar. Namun makin ke sini, tubuh manusia semakin kecil dan dipercaya ke depannya akan lebih pendek lagi.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR