Life

Video Youtube Pertama di Dunia Direkam di Sini

post-img

Source : gadgetDiva

Video Youtube pertama kali diunggah pada 15 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 23 April 2005. Video tersebut memiliki kesederhanaan yang membuat penonton kangen pada pertengahan tahun 2000-an. Hmm… kira-kira dimana ya video ini direkam?

Salah satu video pertma di Youtube menampilkan salah satu pendiri Youtube, yaitu Jawed Karim. Video yang diunggahnya berdurasi 18 detik yang berjudul Me at The Zoo. Dalam video tersebut ia memberi makan sementara anak-anak memanggil dan beraksi di belakangnya.

Di videonya itu, Karim bercerita semua hal seputar gajah yang ditemuinya tersebut. “Hal yang paling keren dari gajah adalah mereka punya belalai yang sangat, sangat, sangat panjang.”

Video tersebut masih ada di Youtube dan telah dilihat lebih dari satu miliar kali. Tepatnya 116.206.114 kali.

Bandingkan video ini dengan video klip Despacito oleh Luis Fonsi yang menampilkan Daddy Yankee. Video tersebut menjadi video yang paling banyak ditonton di Youtube dan telah memiliki lebih dari tujuh miliar tampilan sejauh ini dan masih bertambah.

Sebelum menonton Youtube menjadi bagian normal dari kehidupan, mungkin kesederhanaan videolah yang membuat situs tersebut menarik. Hal ini yang mendorong seseorang untuk berbagi kisah mereka sendiri satu sama lain dan dunia tanapa harus menjadi seorang ahli.

Dimanakah video ini direkam? Video tersebut direkam di Kebun Binatang San Diego di Balboa Park, California. Kebun binatang tersebut menjadi saksi dari momen ikonik tersebut, dengan berkomentar di bahwa video.

“Kami sangat terhormat bahwa video Youtube pertama dibuat di sini!” tulis pihak kebun binatang tersebut.

Kebun binatang ini sekarang memiliki banyak livecams, meskipun tidak melalui Youtube. Mereka memberikan alternatif yang disambut baik bagi mereka yang tidak dapat mengunjungi selama lockdown.

Sementara itu, Jawed Karim adalah insinyur software yang lahir di Merseburg, bekas Jerman Timur. Keluarganya pindah ke Neuss di bagian barat negara tersebut pada awal 1980-an karena xenofobia. Ayah Karim adalah orang Bangladesh.

Saat belajar di University of Illinois, Karim mulai bekerja di PayPal pada masa-masa awalnya. Ia merancang sistem anti-internet fraud secara real-time. Dirinya memegang gelar Master di bidang ilmu komputer dari Universitas Stanford.

Saat di PayPal Karim bertemu dengan sesama pendiri Youtube Steven Chen dan Chad Hurley. Mereka membuat Youtube pada tahun 2005. Setahun kemudian, mereka menjualnya ke Google dalam kesepakatan semua saham senilai sekitar 1,65 Miliar Dollar AS.

Karim mengunjungi kembali video kebun binatangnya pada tahun 2013 untuk menyuarakan ketidakpuasan atas desakan Google pada akun Google+ dan penggunaan nama asli untuk dapat mengomentari video.

Dirinya memperbarui deskripsi pada videonya di kebun binatang tersebut menjadi, “Saya tidak dapat berkomentar di sini lagi karena saya tidak memiliki akun Google+”.

 

Baca juga, Youtube Bakal Gunakan Teknologi AI untuk Beri Batasan Usia


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan
Life

Jangjo: Inovasi Pengolahan Sampah Perkotaan

Jangjo meluncurkan JOWI System, solusi inovatif pengolahan sampah perkotaan, mendukung sirkular ekon..

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman
Life

Zurich Tech Birkenstock: Teknologi Alas Kaki ala Sultan dari Jerman

BIRKENSTOCK memperkenalkan ZÜRICH TECH, sandal fashion dengan desain eksklusif dan teknologi terbar..

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia
Life

Kisah Kevin, Mantan TKI di Jepang yang Kini Jadi Fotografer Penjelajah Dunia

Kisah Kevin, mantan TKI di Jepang, yang kini menjadi fotografer penjelajah dunia. Dari perjuangan hi..

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel
Life

SKINFOOD Hadirkan Skincare Berbahan Dasar Wortel

SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carote..

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan
Life

Paket Murah Dorong Netflix Capai 40 Juta Pengguna Aktif Bulanan

Netflix mencapai 40 juta pengguna aktif bulanan dengan paket murah, mendorong pertumbuhan pelanggan ..


;