Sunday, 17 January 2021

Samsung Perkenalkan Robot Rumah Tangga baru, Bisa Ambil Minum untuk Kamu

CES nggak akan seru tanpa Samsung memamerkan robot baru. Setahun setelah meluncurkan bot bola seukuran jeruk bali Ballie, Samsung telah mengungkapkan beberapa mesin baru...
More

    Latest Posts


    Seri Oppo Reno4 jadi smartphone yang ramah fitur fotografi di malam hari

    Oppo mulai membawa fitur dan teknologi fotografi pada malam hari ke perangkat seri Reno4 dan Reno4 F miliknya yang biasanya dibawa oleh smartphone kelas premium. Oppo menambahkan fitur artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk menghadirkan kemampuan memotret keindahan aktivitas malam hari.

    Perangkat Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F yang masuk dalam kelas perangkat menengah ini memiliki harga yang terjangkau, dan menyasar konsumen muda.

    Di kedua perangkat ini, fokus fotografi dititikberatkan pada fitur Portrait, sebuah fitur yang banyak dipakai kalangan anak muda untuk memotret objek orang dengan latar belakang terlihat blur atau bokeh.

    Keduanya juga membawa fitur menarik lain berupa Night Flare Portrait. Fitur eksklusif Oppo ini menggabungkan efek bokeh dan algoritma low light-HDR untuk menangkap foto artistik yang menambahkan efek neon artistik nan indah pada foto potret yang diambil dengan latar belakang kelap-kelip lampu kota.

    Selain itu terdapat fitur yang tak kalah menarik yakni AI Super Night Portrait sebagai pengembangan fitur yang telah ada sebelumnya. Dengan kecerdasan buatan, fitur ini memastikan bahwa swafoto akan menghasilkan bidikan yang cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

    Fitur ini menggabungkan serangkaian algoritma AI termasuk HDR (High-dynamic-range). Cara kerjanya dengan menangkap dan menggabungkan beberapa frame pada berbagai tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, dan penekanan highlight.

    Berbeda dengan perangkat yang memiliki kemampuan fotografi sebelumnya, Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk konsumen muda atau millennial.

    Oppo Reno4 dibanderol hanya Rp 4.999 juta, sementara Oppo Reno4 F dipasarkan lebih murah lagi dengan harga resmi Rp 4.299 juta.

    Anyway, perkembangan fotografi smartphone pada malam hari tidak lepas dari perangkat yang diperkenalkan Google pada akhir tahun 2018 lalu. Perangkat Google tersebut memperkenalkan kemampuan fotografi malam hari yang bisa menghadirkan foto yang cerah meski lingkungan sekitar gelap.

    Sayangnya, perangkat yang tidak resmi masuk ke Indonesia dijual dengan harga cukup mahal, di atas kisaran 12 juta rupiah kala itu. Persepsi konsumen, smartphone dengan kemampuan fotografi malam hari membutuhkan kamera yang baik dan biasanya harganya sangat mahal. Fitur seperti ini hanya bisa dinikmati dengan perangkat flagship dengan harga di atas 10 jutaan rupiah.

    Nah, dengan hadirnya fitur ini di perangkat Oppo Reno4 dan Reno4 F, paradiva bisa melakukan foto di malam hari dengan smartphone yang terjangkau, bukan?

    Baca juga, Foto OOTD makin epic pakai fitur kamera di Oppo Reno4 F!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR