Intip wisata edukasi tanaman aromatik khas Indonesia

Intip wisata edukasi tanaman aromatik khas Indonesia
Life

Intip wisata edukasi tanaman aromatik khas Indonesia

Intip wisata edukasi tanaman aromatik khas Indonesia

Intip wisata edukasi tanaman aromatik khas Indonesia # Sumber : gadgetDiva

Indonesia telah lama dikenal sebagai surganya rempah-rempah dan tanaman aromatik di mata dunia yang terkenal dengan sebutan essential oil atau minyak atsiri.

Tanaman yang terutama berjenis serai dan nilam ini merupakan salah satu komuditas primadona pada tahun 1960-an, lho bahkan kabarnya membuka hubungan dagang antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa. 

Begini cara bikin video layaknya sebuah film ala Yandy Laurens

Terinspirasi dari perjalanan sejarah dan potensi tanaman aromatik, lahirlah Rumah Atsiri Indonesia yang berlokasi di kawasan dataran tinggi Desa Plumbon, Tawangmangu, Jawa Tengah.

Rumah Atsiri ini mengawali perjalanannya di tahun 2016 sebagai tempat wisata edukasi tentang tanaman aromatik untuk pembuatan essential oil dan produk aromaterapi lainnya

Natasha Clairine Mintarga, selaku Founder dari Rumah Atsiri Indonesia mengatakan bahwa awalnya bangunan Rumah Atsiri ini adalah bekas pabrik penyulingan Citronella pada zaman Presiden Ir. Soekarno pada tahun 1963, hasil kesepakatan perdagangan antara Indonesia dan Bulgaria pasca kemerdekaan.

Processed with VSCO with a7 preset

Nah, dari kisah inilah yang menggugah Natasha untuk menyalakan kembali potensi industri tanaman aromatik dalam negeri.

Tanpa mengubah struktur asli bangunan utama yang dirancang tim dari Bulgaria, Natasha melakukan pengembangan kawasan seluas 5 hektar dan pembangunan fasilitas yang mendukung program penelitian, pelatihan, dan edukasi tentang produk olahan dari minyak atsiri. Pemandangan lanskap Gunung Lawu dan hamparan kebun bunga Marigold juga menciptakan suasana yang tenang dan menyegarkan pikiran.

Di Rumah Atsiri, Anda dapat melihat 80 jenis tanaman aromatik yang dibudidayakan, mendalami sejarah minyak atsiri di dunia dan inovasi alat penyulingannya dari masa ke masa, dan belajar tentang cara membuat essential oil di Learning Hubs.

Selain itu ada juga fasilitas pendukung lainnya seperti akomodasi, restoran, dan function hall. Rumah Atsiri juga menawarkan paket tur untuk kunjungan grup maupun acara perusahaan.

Saat ini, terdapat 29 jenis essential oils yang diproduksi Rumah Atsiri. Tanaman aromatik Java Rosemary, Lemongrass (Serai), dan Patchouli (Nilam) merupakan jenis tanaman yang tumbuh sangat subur di Indonesia, sehingga menjadi produk minyak atsiri unggulan dan banyak diminati pelanggan dari Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dalam pengelolaan tanaman aromatik ini, Rumah Atsiri bermitra dengan para petani lokal dan 80% karyawan juga berasal dari masyarakat sekitar desa. Selain itu, Rumah Atsiri juga memberikan pembinaan terhadap UMKM lokal hingga mereka dapat memproduksi dan memperoleh izin PIRT untuk memasarkan produknya.

Sejak awal mendirikan Rumah Atsiri, Natasha telah memanfaatkan Facebook dan Instagram demi mempromosikan tempat ini sebagai sarana wisata edukasi untuk segala usia.

Selain itu, penggunaan media sosial ini membantu Rumah Atsiri untuk menjangkau kelompok audience yang diinginkan. ”Banyak pelanggan kami yang pertama kali mengetahui Rumah Atsiri dari Facebook atau Instagram, lalu mereka tertarik untuk datang. Selain mempromosikan wisata, kini kami juga dapat menawarkan produk essential oils siap pakai dan dapat dikirim ke seluruh Tanah Air. Dengan cara ini, kami berharap dapat semakin memajukan industri lokal minyak atsiri,” jelas Natasha. 

Meski kegiatan wisata masih dibatasi karena pandemi, Rumah Atsiri mengalami peningkatan minat pelanggan terhadap produk essential oils, terutama minyak Ekaliptus. Selain itu, Rumah Atsiri juga berkolaborasi dengan institusi sekolah maupun komunitas untuk melakukan tur virtual dan pelatihan secara daring.

Baca juga, Fitur Scan dalam Snapchat bisa identifikasi ras anjing dan jenis tanamanmu!


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

MAXstream suguhkan serial original, “Dibalik Lubang Kunci”
Life

MAXstream suguhkan serial original, “Dibalik Lubang Kunci”

Platform MAXstream hadirkan tontonan hiburan terbaru original yang berjudul “Dibalik Lubang..

Begini cara bikin video layaknya sebuah film ala Yandy Laurens
Life

Begini cara bikin video layaknya sebuah film ala Yandy Laurens

Yandy Laurens sebagai sutradara berbakat tanah air yang sekaligus mentor di acara Galaxy Movie St..

Yandy Laurens jadi mentor di Galaxy Movie Studio 2020 yang ketiga
Life

Yandy Laurens jadi mentor di Galaxy Movie Studio 2020 yang ketiga

Pada rangkaian sesi workshop Galaxy Movie Studio (GMS 2020) yang ketiga, selain dihadiri sepuluh ..

5 Manfaat Humidifier bagi kesehatan ini perlu kamu ketahui!
Life

5 Manfaat Humidifier bagi kesehatan ini perlu kamu ketahui!

Humidifier pasti menjadi salah satu andalan kita di masa pandemi. Pasalnya, humidifier memiliki m..


;