Friday, 30 July 2021
More

    Latest Posts


    Deretan Hidden Features di WhatsApp yang Mesti Kamu Ketahui!

    Paradiva, ternyata WhatsApp punya banyak hidden features alias fitur tersembunyi yang belum diketahui orang banyak. Simak ya buat tahu apa aja fitur-fiturnya!

    Baru-baru ini, WhatsApp meluncurkan sistem baru yang secara otomatis dapat menghapus pesan kamu setelah seminggu. Melalui fitur ini kamu dapat memformat teks yang kamu kirim dalam pesan, menambahkan beberapa tambahan agar percakapan kamu tidak bosan.

    Dilansir dari CNET, ada banyak hidden features yang sebenarnya dapat kamu gunakan dalam WhatsApp. Berikut adalah fitur-fiturnya.

    Format Text

    Fitur yang pertama adalah format teks yang dapat kamu tambahkan pada peasn WhatsApp. Melalui fitur ini, kamu dapat mengirim teks yang bercetak tebal, miring atau menambahkan coretan teks dengan tepat.

    Untuk menggunakannya, kamu perlu menambah beberapa karakter khusus pada pesan yang ingin kamu kirimkan. Karakter tersebut ditambahkan di sebelum dan sesudah teks yang ingin kamu format.

    Ikuti cara-cara berikut ini untuk menggunakan formatnya sesuai keinginan kamu.

    • Bold atau Teks Tebal

    Gunakan tanda bintang (*) pada sebelum dan sesudah teks. Contohnya seperti, *sebarkan pesan ini*. Selanjutnya, teks akan berubah warna menjadi bold.

    • Italic atau cetak miring

    Untuk membuat pesan yang kamu kirimkan berubah menjadi italic, kamu perlu menambahkan karakter underscore (_) sebelum dan sesudah teks. Contohnya seperti, _sebarkan pesan ini_.

    • Strike through atau Teks Coret

    Untuk membuat pesan yang kamu kirimkan berubah menjadi teks coret atau strike through, kamu dapat menambahkan karakter tilde (~). Dengan cara menambahkannya sebelum dan sesudah teks. Seperti, ~sebarkan pesan ini~

    Mengosongkan Storage dan Melihat Siapa Teman yang Paling Sering Kamu Ajak Chat

    Penasaran siapa BFF kamu di WhatsApp? Caranya mudah untuk mengetahuinya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

    Bagi perangkat iPhone atau Android, kamu dapat membuka Settings > Storage and Data > Manage Storage. Selanjutnya, daftar kontak kamu akan diisi dalam urutan siapa yang paling banyak menggunakan penyimpanan di ponsel kamu.

    Klik setipa kontak untuk melihat statistik yang lebih detail. Seperti, jumlah pesan yang dipertukarkan, gambar dan GIF.

    Tampilan baru bagian penyimpanan WhatsApp ini, dapat memudahkan kamu untuk membuang file besar yang menghabiskan ruang dalam ponsel kamu. Serta, memberi kamu cara untuk melihat dengan siapa kamu paling sering mengobrol.

    Lihat Detail Pesan

    Pernah bertanya-tanya jam berapa pesan dikirim atau dibaca? Geser layar ke kiri pada pesan yang kamu kirim untuk melihat statistik tersebut bagi para pengguna iPhone.

    Untuk pengguna Android, kamu dapat menekan lama pada pesan, lalu klik tombol Menu > Info.

    Fitur Mute Chat

    Saat menonton film atau meeting, gunakan fitur mute WhatsApp untuk menonaktifkan notifikasi dari percakapan grup maupun chat individu.

    Bagi pengguna Android, kamu dapat menekan lama pada chat, lalu klik ikon speaker yang disilang pada bagian atas layar. Sementara, untuk pengguna iPhone dapat menggeser layar ke kiri untuk melintasi percakapan, lalu klik tombol titik tiga yang diikuti dengan opsi Mute.

    Kamu dapat memilih jangka waktu untuk fitur ini. Misalnya, selama 8 jam, satu minggu, atau always.

    Fitur Hide Last Seen

    Mengetahui terlalu banyak orang yang dapat melihat chat kita dapat memberikan tekanan. Maka dari itu, fitur hide last seen ini menjadi salah satu opsi yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

    Untuk menggunakannya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

    1. Buka Settings.
    2. Klik Account > Privacy > Last Seen.
    3. Pilih salah satu dari opsi Everyone, My Contacts or Nobody.

    Menonaktifkan Tanda Read

    Hidden features WhatsApp selanjutnya adalah menonaktifkan tanda Read. Fitur ini dapat mencegah sesama pengguna untuk mengetahui bahwa kamu telah membaca pesan mereka.

    Untuk menggunakannya, kamu dapat menggunakan langkah-langkah seperti, Buka Settings > Account> Privacy. Setelah itu, hapus centang pada kotak atau geser tombol di sebelah tulisan Read Receipts to the Off Posistion.

    Menonaktifkan Auto Download Foto dan Video WhatsApp

    Jika kamu lebih suka WhatsApp tidak menyimpan setiap foto dan video yang kamu terima langsung ke roll camera. Pasalnya, hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan foto kamu sendiri. Maka dari itu, kamu dapat menonaktifkan fitur auto download dalam WhatsApp.

    Untuk menggunakannya pada iPhone, kamu dapat membuka Settings > Chat lalu matikan Save to Camera Roll. Sementara bagi pengguna Android, kamu dapat membuka Settings > Chat and turn off Media Visibility.

    Menerima Notifikasi Khusus

    Alih-alih memiliki suara notifikasi yang sama untuk setiap pesan masuk, kamu dapat mengatur notifkikasi khusus untuk setiap kontak. Melakukannya akan memudahkan kamu untuk mengetahui siapa yang mengirimi kamu pesan tanpa harus melihat ponsel.

    Bagi pengguna Android, kamu harus klik ikon Menu saat melihat utas chat, diikuti oleh View Contact > Custom Notification, centang kotak dan kemudian selesaikan pengaturannya. Bagi kamu yang menggunakan WhatsApp dari iPhone, kamu bisa klik nama kontak saat melihat utas chat, lalu pilih Custom Tone.

    Export Percakapan

    Kamu dapat mengekspor percakapan jika kamu membutuhkannya. Saat melihat percakapan, pengguna Android dapat mengetuk tombol Menu yang diikuti oleh More > Export Chat.

    Di iPhone, prosesnya melibatkan melihat utas chat, mengetuk nama kontak di bagian atas layar, lalu scroll down layar halaman Contact Info dan memilih Export Chat. Kedua perangkat ini memberi kamu opsi untuk mengekspor dengan atau tanpa media terpasang.

    Selamat mencoba, Paradiva!

    Baca juga, Fitur Keyword Search Instagram telah hadir untuk beberapa pengguna

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR