Bertemakan “sustainable fashion”, webinar M-Class di gelar keempat kalinya

0
Webinar M-Class Keempat

Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) kali ini kembali menggelar webinar, M-Class keempat yang juga didukung penuh oleh Samsung melalui produk smartphone Galaxy Note 20.

Bertemakan “Mengenal Lebih Dalam Sustainable Fashion” webinar M-Class keempat kali ini dihadiri oleh Chitra Subyakto, pendiri dan direktur kreatif Sejauh Mata Memandang, bertindak sebagai pemateri, dan Webinar pun dipandu oleh pekerja seni Dian Sastrowardoyo.

Dihadiri juga oleh 202 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, tema kali ini ditujukan untuk para mahasiswa dan komunitas pecinta fashion maupun pelaku industri terkait sebagai pesertanya.

Seperti pelaksanaan M-Class sebelumnya, penyelenggara Webinar juga memberikan subsidi kuota internet dan bantuan transportasi kepada sebagian peserta yang memerlukan, khususnya mahasiswa dan komunitas di wilayah Indonesia Timur yang kesulitan secara biaya maupun akses ke acara belajar jarak jauh seperti Webinar ini.

“Banyak hal baru yang saya pelajari dari Webinar kali ini, khususnya tentang gaya hidup kita sehari-hari, terutama pemakaian pakaian dan fashion yang berdampak besar ke lingkungan,” kata Dian Sastrowardoyo, pekerja seni dan moderator M-Class.

Sedangkan Chitra Subyakto dari Sejauh mata Memandang (SMM) menambahkan, “SMM adalah pesan cinta kami terhadap Indonesia dan bumi. Kami mencoba lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, memberdayakan masyarakat dan mengangkat kekayaan wastra Indonesia dan mengemasnya ke dalam hidup sehari-hari.”

Chitra juga menambahkan bahwa penggunaan bahan daur ulang serta memanfaatkan materi bahan dari pabrik-pabrik tekstil yang tidak terpakai, yang dikenal dengan istilah deadstock adalah salah satu cara agar masyarakat tidak menambah sampah.

“Kami senang terlibat di kegiatan Webinar seperti ini karena penting sekali masyarakat luas paham dan sadar akan kerusakan alam saat ini dan ikut berperan aktif untuk merawat bumi tempat kita tinggal,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Periskila Ambani, selaku Ketua Komunitas Tenun Terfo Sarmi-Papua turut menambahkan, Saya senang sekali ikut webinar ini karena mendapat pengetahuan berharga tentang menjadi bagian dari industri mode yang bertanggung jawab. Kami pun mendapat kesempatan menunjukan kain tenun Terfo yang terbuat dari serat alam asli dan ramah lingkungan.” 

M-Class adalah program inisiatif dari Magnifique dan Yayasan Dian Sastrowardoyo untuk berkontribusi menyebarkan ilmu melalui belajar daring. M-Class dilakukan setiap bulan dengan menghadirkan para pembicara yang kompeten dan topik yang berbeda.

Selain Webinar gratis, M-Class juga memberikan kuota internet untuk peserta yang mempunyai keterbatasan akses maupun dana agar tidak terbebani dalam mengikuti acara.

“Kami mengharapkan lebih banyak lagi kolaborator yang bersinergi bersama kami, baik dalam hal pengajaran, penyediaan komunitas maupun sebagai sponsor,” tukas Arifaldi Dasril, Managing Partner Magnifique.

Baca juga, Webinar M-Class beri edukasi pentingnya coding di era digital


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan