Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Seprai Bantal Bisa Memiliki Lebih Banyak Bakteri daripada Toilet

    Penelitian menemukan bahwa seprai bantal bisa memiliki lebih banyak bakteri daripada toilet duduk. Hal ini tentunya bisa terjadi jika kita tidak sering mencucui seprai.

    Setiap malamnya, ada sekitar 15 juta sel kulit yang terlepas dari tubuh kita. Namun, mereka tidak hanya menumpuk di seprai bantal kamu karena ada sesuatu yang menunggu untuk melahapnya, yakni tungau debu.

    Semakin lama kamu tidak mencuci sprainya, semakin banyak juga makanan yang akan dilahap oleh makhluk ini. Semakin banyak pula peluang mereka untuk terus berkembang biak. Jadi, jika kamu tidak mencucui sprai, bisa dipastikan kamu akan tidur dengan ratusan ribu tungau.

    Saat ini, ada sekitar 20 juta orang Amerika yang memiliki alergi debu dan keadaan mereka emakin parah. Tungau debu dan kotorannya menghasilkan protein yang menyebabkan mata merah dan gatal, hidung meler, serta gejala mirip flu lainnya pada orang yang alergi.

    Tungau debu sebenarnya bukanlah satu-satunya alergen di tempat tidur yang kotor. Jika kamu tidak pernah mencuci seprai bantal, jamur juga dapat menumpuk di sana.

    Satu studi menemukan bahwa bantal memiliki sebanyak 16 spesies jamur yang berbeda dan jutaan spora jamur. Yang paling umum di antara mereka adalah Aspergillus fumigatus, berpotensi berbahaya. Selain reaksi alergi, dapat menginfeksi paru-paru dan organ lainnya.

    Lebih lanjut, bakteri juga menyukai seprai bantal atau seprei yang tidak dicuci. Penelitian lain menemukan bahwa sarung bantal dan seprai yang tidak dicuci memiliki bekteri 39 kali lebih banyak daripada mangkuk makanan hewan dan beberapa ribu kali lebih banyak daripada toilet duduk. Seperti Staphylococcus aures yang dalam beberapa kasus langka bisa mematikan.

    Seprai kotor jgua ternyata dapat menyebabkan wajah kamu berjerawat. Pasalnya, setiap malam, oil, lotion dan kosmetik lainnya pada kulit kamu berpindah ke seprai dan dapat terus menumpuk layaknya tisu makeup bekas pakai.

    Kemudian, pada malam berikutnya, semua kotoran tersebut berpindah kembali ke tubuh kamu. Sehingga menyebabkan pori-pori kamu tersumbat dan voila! wajahmu berjerawat.

    Untungnya, ada cara sederhana untuk menghindari masalah ini. Dilansir dari Business Insider, ikuti tips berikut untuk menjaga kebersihan sepraimu.

    Sering-seringlah mencuci seprai. Para ahli merekomendasikan sekitar seminggu untuk menggunakan air panas. Agar membunuh banyak bakteri dan tungau debu, serta menghilangkan noda dan minyak dari seprai kamu.

    Baca juga, Ikuti Cara ini Untuk Reposting Feeds Instagram

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR