Thursday, 29 July 2021
More

    Latest Posts


    10 Tips Main TikTok Buat Pemula, Bisa Pakai Smartphone Sejutaan

    Tidak bisa dipungkiri lagi jika TikTok merupakan mainan baru yang digemari para remaja. Jika serius ingin bermain TikTok, tak perlu hal sulit, rumit apalagi pakai smartphone harga puluhan juta. Untuk bermain TikTok, pakai smartphone sejutaan pun jadi, asal tahu kisi-kisinya.

    Karena media sosial ini cukup user friendly, pengguna bisa jago dalam hitungan hari. Salah satu yang paling menarik adalah postingan yang harus rutin, setiap hari atau dua hari sekali. Lalu semakin sering bermain TikTok, pemula pun tak lagi merasa 

    Berikut ini 10 tips yang bisa digunakan oleh kamu yang baru mengenal TikTok.

    1. Update musik dan video kekinian

    TikTok adalah trend. Jadi semua yang ada di situ adalah sesuatu yang sedang viral saat ini. Walaupun kamu hanya mampir lima sampai 10 detik, kamu pasti langsung tahu apa yang sedang trend saat ini di platform tersebut. Makanya ketika kamu menemukan suatu ide dari hal yang sedang tren, baik musik ataupun video, langsung rekam aksi kamu dan upload saat itu juga agar kamu tidak ketinggalan tren.

    1. Otentik

    Menjadi diri sendiri adalah sebuah keharusan di TikTok. Meski kamu mendapat inspirasi dari orang lain, namun tetap kamu harus terlihat berbeda dari orang lain. Jika memungkinkan, kamu bisa menciptakan hal-hal yang asli, otentik terkait dengan kepribadian atau karakter kamu sendiri.

    1. Terus eksplore

    Ada banyak ide dan konten yang menginspirasi di TikTok. Salah satu yang harus kamu lakukan agar menjadi akun yang kekinian adalah untuk terus bereksplorasi. Gali lebih dalam lagi, scroll ke bawah terus dan temukan konten atau musik yang kamu suka, yang bisa kamu jadikan untuk berekspresi.

    1. Buatlah video bercerita

    Kunci dari semua platform media sosial adalah ‘story telling’ atau bercerita. Nah, cara terbaik untuk menarik perhatian followers adalah dengan menggunakan teks di dalam video. Gunakan teks untuk menceritakan apa yang sedang anda lakukan. Mulai dari masalah, kemudian berakhir dengan solusi.

    1. Sering-sering posting

    Untuk pengguna pemula, memposting video di TikTok satu kali dalam sehari merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk menarik folowers. Namun semakin sering kamu memposting video, semakin sering akun kamu dilihat. Para influencers di TikTok diketahui memposting 5 video dalam sehari. 

    1. Jadi yang pertama sesekali

    Berada di TikTok tidak melulu harus mengikuti akun orang lain. Sesekali, jadilah yang pertama menciptakan trend itu. Mencari inspirasi dari FYP merupakan strategi yang bagus, namun tambahkan sedikit pembeda. Atau langsung saja kamu cari lagu yang menarik, ciptakan gerakan kamu sendiri. Bisa juga memposting video edukasi, tips dan trik, atau hal-hal lucu yang kamu banget.

    1. Jangan menyerah

    Seperti yang telah disebutkan di atas, memposting video secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan di TikTok agar akun kamu makin banyak pengikut. Oleh karena itu, mantra yang harus kamu ingat ketika kamu jenuh dan ingin berhenti bermain TikTok adalah ‘Jangan Menyerah’. Kisah seorang influencers di TikTok bernama Nathan Allebach mengungkap bahwa dia butuh 10 kali postingan video sampai benar-benar di notice followers. Kemudian, dia harus memposting 30 video lagi sampai videonya ada yang benar-benar viral.

    1. Cari yang beda

    Perbedaan merupakan hal yang bisa membuat kamu makin berekspresi. Oleh karena itu, posting apa yang kamu suka, yang kamu banget. Bisa juga kamu bikin survei lebih dulu tentang apa yang sedang popular di luar sana. Apa yang sedang orang bicarakan. Dan apa yang bikin orang-orang tertarik.

    1. Follow yang kamu suka dan menginspirasi 

    Teman yang kita ikuti terkadang bisa mempengaruhi kepribadian kita. Begitu juga dengan akun yang kita follow. Makanya, cari akun yang kamu suka sekaligus menginspirasi biar kamu berada di jalan yang benar.

    1. Smartphone ga perlu mahal

    Nah, ini yang penting. Main TikTok tak perlu smartphone sultan. Cukup dengan smartphone terjangkau asal punya kamera resolusi lumayan. Beberapa smartphone terjangkau dengan kamera mumpuni di antaranya adalah Samsung Galaxy A01, A01 Core dan A11. 

    Samsung A01 Core memiliki dua kamera. Satu di bagian depan dengan resolusi 5MP f/2.4, sedangkan di bagian belakang ada kamera resolusi 8MP f/2.2 Autofocus.

    Sedangkan Samsung A01 biasa memiliki dua kamera belakang dengan resolusi 13MP dan 2MP untuk efek bokeh. Kamera depan di A01 beresolusi 5MP bisa untuk selfie yang ciamik.

    Nah, yang terakhir adalah Samsung A11 dengan tiga kamera utama dan satu kamera selfie. Untuk kamera selfie dibekali resolusi 8MP F/2.0, sedangkan kamera belakang dibekali resolusi 13MP F/1.8 autofocus untuk foto wide-angle. Ada juga yang beresolusi 5MP F/2.2 untuk ultrawide sampai 115 derajat, dan kamera depth sensor resolusi 2MP, F/2.4.

    Selamat jadi TikTokers, ya Gengs!

    Baca juga, Begini Cara Temukan Pesan, Foto, Link dari Chat WhatsApp

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR