6 Fitur Baru Spotify Wrapped 2020 yang harus kamu coba

0
312

Memasuki akhir tahun 2020, Spotify meluncurkan Wrapped 2020 atau Kilas Balik 2020. Dimana memungkinkan kamu untuk throwback ke lagu-lagu maupun playlist yang kamu dengarkan selama satu tahun ini. Fitur ini wajib kamu coba!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pengalaman Wrapped penuh dengan berbagai wawasan artis, lagu, genre dan podcast yang mendefinisikan apa yang pengguna dengarkan selama 2020. Dimana fitur ini diambil dari data unik masing-masing pengguna.

Para pengguna yang memenuhi syarat bisa mulai mengakses fitur wrapped 2020 ini secara eksklusif pada aplikasi Spotify di smartphone mereka. Pengguna Android dan iOS masing-masing dapat menggunakannya.

Sebagai tambahan dari fitur-fitur wrapped yang disukai  pengguna, tahun ini Spotfiy juga mempersembahkan beberapa fitur baru yang membantu pengguna untuk mengetahui lebih dalam tentang kebiasaan mendengarkan mereka dalam platform.

Setidaknya ada enam fitur yang digunakan oleh Spotify. Yang pertama adalah Kuis dalam platform (in-app). Dimana fitur ini memungkinkan pendengar untuk menguji kemampuan menebak daftar teratas dari podcast, artis dan bahkan lagu teratas selama dekade yang paling sering mereka dengarkan.

Yang kedua, adalah fitur Story of Your 2020. Dimana pengguna dapat mengikuti fitur tersebut untuk mengetahui perjalanan mereka bersama Top Song mereka di sepanjang tahun ini. Mulai dari mengetahui kapan pertama kali mendengarkan lagu tersebut, momen mendengarkan ke-100 kalinya dan momen penting di antaranya.

Fitur selanjutnya adalah pengguna dapat melihat lebih dalam kebiasaan mereka mendengarkan podcast. Termasuk menit yang mereka habiskan dan podcast yang paling sering mereka dengarkan tahun ini.

Bagi pengguna Premium, mereka berkesempatan untuk mendapatkan lencana (badges) baru yang akan menobatkan mereka dengan berbagai julukan berdasarkan berbagai cara mendengarkan.

Contohnya, jika playlist pengguna berhasil mengumpulkan followers dengan jumlah yang signifikan, maka ia akan dinombatkan sebagai Tastemaker.

Jika pengguna telah mendengarkan sebuah lagu sebelum lagu tersebut mencapai 50.000 streams ia akan mendapat lencara Pioneer. Berdasarkan jumlah lagu yang ia tambahkan ke playlist, pengguna tersebut bisa menjadi seorang Collector.

Playlist baru yang dipersonalisasi untuk membantu pengguna memaksimalkan apa yang telah mereka dengarkan tahun ini. Playlist ini terdiri dari Your Top Songs, berisi lagu-lagu yang paling pengguna sukai dalam satu tempat. Ada juga Missed Hits, Wrapped discovery playlist yang merekomendasikan rilis populer 2020 serupa yang terlewat namun mungkin mereka sukai.

Yang terakhir, Spotify membuka dunia Wrapped untuk semua orang. Pengguna Spotify maupun yang bukan. Melalui akses ke tren mendengarkan global Spotify, non-pengguna dapat mengetahui bagaimana tren streaming di sepanjang tahun ini.

Pengalaman ini merupakan pengalaman pertama yang dibuat Spotfiy. Kamu dapat mencobanya di sini yang bisa diakses melalui situs web ataupun mobile.

Lebih lanjut, Spotify juga membuat fitur Wrapped bagi para kreator, baik musisi maupun podcaster. Dengan memiliki akses individual ke microsite Wrapped, para kreator bisa menyelami lebih dalam tentang apa yang disukai para penggemarnya tahun ini. Pengguna dapat mencobanya di Spotify for Artists dan Spotify for Podcasters.

Baca juga, Fitur Baru WhatsApp Bisa Ganti Wallpaper Tiap Ruang Chat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here