Sunday, 1 August 2021
More

    Latest Posts


    Youtube Peringatkan Pengguna Sebelum berkomentar

    Untuk menjaga platform agar tetap aman dari ujaran kebencian, Youtube akan peringatkan pengguna untuk menghentikan berkomentar ofensif di bagian komentar ketika mendeteksi mereka memposting beberapa bahasa kasar.

    Pada hari Kamis (3/12), Youtube memperkenalkan fungsi peringatkan pengguna sebelum berkomentar dalam platformnya.¬†“Kami tahu bahwa komentar memainkan peran penting dalam membantu kreator terhubung dengan kualitas komentar juga merupakan salah satu masukan paling konsisten yang kami terima dari kreator,” Tulis Johanna Wright selaku Wakil Presiden Youtube dalam sebuah posting blog.

    Layanan milik Google ini telah berupaya untuk memberi kontrol kepada kreator video atas komentar tidak pantas yang dapat diposting dalam video mereka. Sekarang, kmai akan mencoba mencegah pengguna mengirimkan komentar ofensif sejak awal.

    Fungsi pengingat komentar ini, menggunakan algoritma AI milik Youtube. Dimana teknologi ini akan men-scan komentar yang dikirimkan untuk mencari bahasa yang menyinggung. Jika terdeteksi, sistem akan menampilkan pop-up yang bertuliskan, “Jaga agar komentar tetap sopan” dan mendorong pengguna untuk mengubah susunan kata mereka.

    Lebih lanjut, pengguna dapat memilih untuk mengabaikan pengingat dan memposting komentar. Namun, Youtube mengatakan dapat menghapus komentar tersebut jika dirasa melanggar pedoman platform terhadap penyalahgunaan dan perkataan yang berisi kebencian. Pemilik channel juga memiliki hak untuk menghapus komentar yang ditandai tersebut.

    “Sistem kami belajar dari konten yang telah berulang kali dilaporkan oleh pengguna,” tulis Youtube dalam FAQ tentang fungsi pengingat.

    “Kami berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang komentar apa yang dapat dianggap menyinggung saat kami terus mengembangkannya,” tambahnya.

    Fungsi tersebut menandai bahwa upaya terbaru dari layanan media sosial utama untuk menggunakan alogritme komputer guna mendorong perilaku sipi di antara pengguna. Setahun lalu, Instagram meluncurkan fitur serupa untuk menampilkan pop-up jika pengguna akan memposting sesatu yang berpotensi menyinggung.

    Menurut Youtube, fungsi pengingat ini akan hadir pertama kali untuk para pengguna Android.

    Baca juga, Fitur Youtube HDR bisa dipakai dalam iPhone 12

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR