Begini tujuan pengguna akun anonim di media sosial

Begini tujuan pengguna akun anonim di media sosial
Life

Begini tujuan pengguna akun anonim di media sosial

Begini tujuan pengguna akun anonim di media sosial

Begini tujuan pengguna akun anonim di media sosial # Sumber : gadgetDiva

Pada penggunaan media sosial, apakah paradiva pernah memiliki akun anonim online? Namun, tenang paradiva gak sendiri, kok!

Pasalnya menurut penelitian terbaru yang dilakukan perusahaan keamanan siber global Kaspersky menunjukkan bahwa 3 dari 10 pengguna di Asia Pasafik (APAC) mengaku memiliki profil media sosial tanpa nama asli atau anonim, lho!

Twitter Mungkin Akan Meluncurkan Fitur Video Call

Bahkan banyak dari pengguna tidak memasang foto serta informasi identitas pribadi (PII) tidak asli. Lalu apa, sih alasan pengguna dibalik itu?

Dilakukan bulan November lalu di antara 1.240 responden dari wilayah tersebut, penelitian “Digital Reputation” menunjukkan bahwa kekuatan anonimitas paling banyak digunakan di Asia Tenggara sebesar 35% diikuti oleh Asia Selatan sebesar 28% dan Australia sebesar 20%.

Platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna yang ingin menjaga identitasnya adalah Facebook (70%), YouTube (37%), Instagram (33%), dan Twitter (25%).

Meskipun mungkin tidak terdengar seperti hal yang umum, penggunaan “profil tanpa nama dan wajah” memiliki dua persepsi.

Hasil survei mengungkap bagaimana kenyataan ini memungkinkan individu untuk mengejar hasrat mereka dan memanfaatkan kebebasan berbicara tetapi pada saat yang sama juga untuk melakukan aktivitas yang berbahaya dan merugikan.

Persentase yang dikuantifikasi adalah bahwa hampir setengah (49%) dari yang disurvei menyatakan bahwa mereka menggunakan akun anonim untuk memanfaatkan kebebasan berbicara tanpa memengaruhi reputasi mereka, sementara 48% ingin mencurahkan kepentingan dan minat rahasia mereka tanpa diketahui oleh sesama teman atau kolega.

Lebih dari seperempat (34%) juga menggunakan akun anonim untuk menentang argumen seseorang atau berita online tanpa menggunakan identitas asli.

Walaupun survei juga menunjukkan 30% orang menggunakan akun media sosial anonim untuk aktivitas yang cukup tidak berbahaya seperti berbagi informasi tentang kesukaan dan artis favorit mereka, dan 22% juga terlibat dalam stalking online.

Hanya sebagian kecil (3%) yang melaporkan menggunakan akun anonim untuk menangkis email spam dari akun asli, menghindari doxing, berfungsi sebagai alternatif untuk tujuan lain seperti bermain game, dan mencegah pihak eksternal memiliki akses ke akun email asli mereka.

Inti dari temuan ini adalah bahwa konsumen di Asia Pasifik kini semakin menyadari reputasi yang mereka bangun secara online dan pentingnya reputasi tersebut bagi kehidupan nyata mereka.

Atas alasan tersebut, maka tidak mengherankan jika 49% responden akan mengecek akun media sosial suatu merek atau perusahaan sebelum membeli barang atau jasanya.

Satu hal yang perlu diperhatikan untuk bisnis adalah lebih dari setengah (51%) responden survei menggarisbawahi pentingnya reputasi online perusahaan.

Hampir 5 dari 10 (48%) menyatakan bahwa mereka menghindari perusahaan yang terlibat dalam insiden atau telah menerima liputan berita negatif secara online.

Selain itu, 38% juga berhenti menggunakan produk perusahaan atau merek setelah terlibat dalam semacam krisis online. Hampir separuh (41%) juga mengungkapkan bahwa reputasi endorser merek turut memengaruhi pandangan mereka terhadap  merek tersebut.

Ketika ditanyai mengenai transparansi merek di halaman online perusahaan, 50% pengguna di Asia Pasifik berpendapat bahwa perusahaan tidak boleh menghapus komentar negatif di akun media sosial mereka.

“Dari tujuan awal membangun koneksi dengan teman dan keluarga, media sosial telah berkembang dan akan terus berkembang dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini telah memainkan peran kunci dalam cara kita bersosialisasi dan mengidentifikasi satu sama lain, tetapi sekarang, kitai telah sampai di persimpangan jalan di mana profil virtual individu dan perusahaan digunakan sebagai parameter untuk sebuah evaluasi atau penilaian,” kata Yeo Siang Tiong, selaku General Manage untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Yeo melanjutkan bahwa survei terbaru pihaknya mengonfirmasi bahwa konsumen sekarang meminta pertanggungjawaban perusahaan atas reputasi online mereka, cara yang sama seperti individu menentukan skor kredit seseorang melalui prilaku media sosial, untuk menyaring kemampuan kerja seseorang, dan bahkan untuk menolak atau menyetujui permintaan visa seseorang.

“Dengan dampak ke dunia nyata ini, kita harus mempelajari tindakan penyeimbangan yang baik antara privasi dan keamanan demi mengamankan reputasi digital kita yang semakin krusial,” tambahnya.

Untuk membantu paradiva dalam mempertahankan reputasi online kamu, Kaspersky membagikan lima langkah penting yang dapat paradiva lakukan untuk memastikan bahwa kamu terlindungi dan aman saat online.

Reputasi Digital

Ingat bahwa reputasi digital paradiva juga terkait dengan reputasi pribadi kamu. Segala sesuatu yang diposting di internet tetap ada di internet, termasuk penilaian yang keras dan radikal. Ini dapat menyebabkan justifikasi yang tidak menyenangkan di tempat kerja atau selama proses perekrutan.

Untuk melindungi reputasi digital kamu, lebih baik lebih berhati-hati dari pada mengungkapkan informasi pribadi tentang diri kamu, terutama di profil sosial.

Jangan pernah membocorkan terlalu banyak, tetap berpegang pada dasar dan hanya bagikan hal hal yang perlu dan dibutuhkan. Semakin banyak membagikan informasi, semakin menarik bagi penyerang yang ingin melakukan pencurian data pribadi dan identitas.

Hapus Akun dan Data

paradiva semua memiliki lusinan akun, banyak di antaranya hampir tidak digunakan atau bahkan terlupakan.

Nyatanya masih banyak dari mereka bertahan dan salah satu dari mereka dapat membocorkan informasi paradiva, lho!

Mencegah Penyalahgunaan Data Pribadi

Nah, jika aplikasi meminta data sensitif, lihat kebijakan privasinya, yang mungkin secara terbuka menyatakan bahwa data Anda akan diteruskan ke perusahaan pihak ketiga.

Jangan memberikan informasi lebih dari yang diperlukan kepada aplikasi. Pikirkan baik-baik tentang apa yang benar-benar kamu butuhkan dan apa yang dapat dilakukan tanpanya.

Ingatlah bahwa informasi apa pun yang paradiva serahkan ke aplikasi kemungkinan besar tidak akan sepenuhnya bersifat pribadi.

Solusi Gabungan

Solusi gabungan produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan ancaman dan menjaga data Anda tetap aman saat online.

Solusi keamanan yang andal untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman – seperti Kaspersky Security Cloud  dan Kaspersky Internet Security, ditambah dengan penggunaan Kaspersky Password Manager untuk menyimpan data digital berharga paradiva dengan aman, dapat membantu memecahkan masalah penyimpanan informasi pribadi di bawah kontrol kamu.

Baca juga, Kaspersky laporkan 74% karyawan enggan kembali ke cara bekerja sebelum pandemi


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Di Galaxy A21s kamu bisa update promo produk, drama Korea dan lagu terbaru!
Life

Di Galaxy A21s kamu bisa update promo produk, drama Korea dan lagu terbaru!

Samsung saat ini membenamkan halaman Samsung Daily pada seluruh jajaran Galaxy smartphone terbaru..

Twitter Mungkin Akan Meluncurkan Fitur Video Call
Life

Twitter Mungkin Akan Meluncurkan Fitur Video Call

Twitter mungkin akan meluncurkan fitur Video Call pada platformnya. Pengumuman ini dibuat di Medi..

Digitarasa luluskan 15 pengusaha kuliner, ada program Promo Foodiskon di GoFood!
Life

Digitarasa luluskan 15 pengusaha kuliner, ada program Promo Foodiskon di GoFood!

Digitarasa resmi umumkan kelulusan 15 peserta pengusaha kuliner anak bangsa pada tahap akhir prog..

Together Mode dan Large Gallery untuk Teams sekarang tersedia di Preview Web
Life

Together Mode dan Large Gallery untuk Teams sekarang tersedia di Preview Web

Awal tahun ini, Microsoft Teams meluncurkan pengalaman rapat baru di dekstop yang memperkenalkan ..


;