Microsoft: Hacker dapat Melihat Beberapa Kode Sumber

0
Data Pemilih

Microsoft terus menyelidiki serangan SolarWinds besar-besaran, perusahaan tersebut mengatakan telah menemukan bahwa sistemnya telah disusupi “di luar keberadaan kode SolarWinds yang berbahaya”.

Dalam pembaruan dari Pusat Respons Keamanannya, Microsoft mengatakan bahwa hacker dapat “melihat kode sumber di sejumlah repositori kode sumber”, tetapi akun yang diretas yang memberikan akses semacam itu tidak memiliki izin untuk mengubah kodde atau sistem apapun.

Sementara, Microsoft menunjuk kepada “aktor negara-bangsa yang sangat canggih” sebagai pelakunya, pemerintah AS dan pejabat keamanan dunia maya telah melibatkan Rusia sebagai arsitek dari serangan SolarWinds secara keseluruhan.

Serangan tersebut mengungkap daftar ekstensif organisasi senisitif dan pengungkapan dari Microsoft menunjukkan bahwa masih akan mengungkap impilkasi serangan selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan mendatang.

Untungnya, Microsoft mengatakan bahwa meskipun hacker menyelidiki lebih dalam dari yang diketahui sebelumnya, mereka menemukan “tidak ada bukti akses ke layanan produksi atau data pelanggan” dan “tidak ada indikasi bahwa sistem kami digunakan untuk menyerang orang lain”.

Selain itu, perusahaan mengatakan bahwa secara teratur mengasumksikan musuh dapat melihat kode sumbenrya dan tidak bergantung pada kerahasian kode sumber untuk menjaga keamanan produknya. Microsoft tidak mengungkapkan berapa banyak kode yang dilihat atau untuk apa kode tersebut digunakan.

Awal bulan ini, Presiden Microsoft Brad Smith mengatakan serangan itu adalah “momen perhitungan” dan memperingatkan tentang bahayanya. “Ini bukan ‘spionase seperti biasa,’ kata Smith. “Akibatnya, ini bukan hanya serangan terhadapa target tertentu. Akan tetapi, pada kepercayaan dan keandalan infrastruktur penting dunia untuk memaajukan badan intelijen suatu negara.”

Baca juga, Hacker Jual Akses ke Ratusan Akun Email Eksekutif Perusahaan


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan