Ternyata Windows 7 masih digunakan oleh 100 Juta Pengguna Komputer

0

Windows 7 tampaknya masih berjalan di setidaknya 100 juta mesin, meskipun Microsoft mengakhiri dukungan untuk sistem operasi tersebut setahun yang lalu. ZDNet telah menganalisis proporsi PC yang masih menjalankan Windows 7 di berbagai laporan analitik.

Dilansir dari The Verge, setiap sumber data menetapkan Windows 7 pada presentase pangsa pasar yang berbeda, sebagian besar setuju bahwa OS masih menguasai sekitar 20 persen PC.

Microsoft telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa ada 1,5 miliar pengguna Windows di berbagai versi di seluruh dunia. Sulit untuk mendapatkan jumlah pasti pengguna Windows 7 karena berbagai metode yang digunakan oleh perusahaan analitik, tetapi jumlahnya setidaknya 100 juta.

Jika kamu menurunkan perkiraan Microsoft dari 1,5 miliar pengguna Windows menjadi hanya satu miiar (ada 1 miliar pengguna aktif Windows 10), maka Windows 7 masih ada di sejumlah besar PC.

Pada kenyataannya, ini masih dapat digunakan oleh lebih dari 200 juta perangkat di seluruh dunia. Sesungguhnya, dukungan untuk Windows 7 telah berakhir pada Januari 2020, hampir 11 tahun setelah OS pertama kali diluncurkan dengan kampanye pemasaran “Saya adalah PC dan Windows 7 adalah ide saya”. Ini dengan cepat menjadi versi Windows yang sangat populer terutama dengan bisnis.

Sangat jelas dari melihat pangsa pasar sistem operasi tahun lalu bahwa dibutuhkan satu atau dua tahun untuk mendapatkan Windows 7 di bawah 10 persen pangsa pasar. Mungkin butuh waktu lebih lama bagi Windows 7 untuk akhirnya menghilang, terutama setelah setahun ketika banyak orang telah beralih ke PC untuk bekerja jarak jauh dan sekolah di rumah.

Microsoft melaporkan pengingkatan permintaan dan penggunaan PC karena pandemi. Kemungkinan sebagian dari penggunaan PC tersebut juga berasal dari rumah tangga yang membersihkan PC dan laptop lama yang tidak sering mereka gunakan dan beberapa dari perangkat ini mungkin masih menjalankan Windows 7.

Jelas bahwa pandemi juga memengaruhi pasar PC selama setahun terkahir. Kita masih menunggu perkiraan PC dari Gartner dan IDC, namun beberapa anlis percaya bahwa kita masih bisa melihat hampir 300 juta PC dikirim pada tahun 2020 saja.

Hal tersebut akan menjadi perubahan yang signifikan untuk pasar PC, setelah PC melihat tahun pertama pertumbuhan sejak 2011 selama 2019. Pertumbuhan tersebut didorong oleh berakhirnya dukungan Windows 7 dan sebagian besar analis tidak mengharapkan pasar untuk tumbuh lebih jauh lagi setelah 2020.

Baca juga, Pembaruan Baru Taskbar Windows 10 Bawa Weather dan News Widget


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan