Twitter Hadirkan Birdwatch untuk Cegah Penyebaran Hoax dan Misinformasi

0
232
Twitter Periscope

Twitter meluncurkan fitur terbaru untuk memerangi hoax dan misinformasi dalam platformnya. Fitur tersebut dinamakan Birdwatch.

Dilansir dari Uber Gizmo, Twitter telah mengumumkan fitur terbarunya yang dinamakan Birdwatch. Alih-alih mengandalkan moderator atau algoritme Twitter sendiri untuk menandai berita palsu, Birdwatch akan beralih ke publik untuk mencoba dan mencoba upaya crowdsourcing untuk mencoba menemukan postingan yang mungkin menyesatkan atau palsu.

Menurut Twitter, “Birdwatch memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi informasi dalam Tweet yang mereka yakini menyesatkan dan menulis catatan yang memberikan konteks informatif. Kami yakin pendekatan ini berpotensi untuk merespons dengan cepat ketika informasi yang menyesatkan menyebar, menambahkan konteks yang dipercaya oleh orang dan dianggap berharga. Akhirnya, kami bertujuan untuk membuat catatan terlihat langsung di Tweet untuk pemirsa Twitter global, jika ada konsensus dari sekumpulan kontributor yang luas dan beragam.”

Twitter mengakui bahwa mungkin ada masalah awalnya, dimana fitur tersebut mungkin berantakan karena orang secara tidak sengaja (atau sengaja) mencoba menandai artikel yang sah sebagai hal yang palsu, akan tetapi perusahaan berpikir bawah

Berita yang mengandung hoax dan misinformasi merupakan masalah besar karena beberapa orang tidak perlu repot-repot membaca atau melakukan upaya ekstra dalam meneliti sebelum mereka membagikan artikel. Hal ini berarti bahwa meskipun orang tersebut tidak memiliki niat untuk menyebarkan berita hoax, hal tersebut tetap saja terjadi dan ini merupakan masalah yang akan coba diperbaiki oleh platform media sosial.

Baca juga, Twitter Sediakan Opsi Turn Off Retweets

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here