Pesaing TikTok milik Snapchat sudah Memiliki 100 Juta Pengguna

0
Snapchat

Snapchat mengatakan pesain TikTok miliknya, Spotlight, memiliki 100 juta pengguna pada Januari 2021 setelah dua bulan diluncurkan.

Angka tersebut menunjukkan debutyang sangat sukses untuk layanan tersebut yang telah mengambil alih tab paling kanan di dalam Snapchat.

Dilansir dari The Verge, pihak Snapchat mengaku terkejut dengan angka pengguna dari platfromnya tersebut.

“Kami sangat terkejut dengan momentumnya,” kata CEO Snap Evan Spiegel dalam sambungan telepon dengan investor untuk membahas pendapatan perusahaan pada kuartal 4 tahun 2020.

Tiktok sendiri kemungkinan masih memiliki keunggulan signifikan pada layanan baru ini. Platform tersebut mengatakan memiliki 100 juta penggguna bulanan di Amerika Serikat saja pada Juni 2020. Tanda-tanda menunjukkan bahwa aplikasi tersebut terus tumbuh sejak saat itu.

Snapchat sendiri telah menghabiskan banyak uang di balik platfrom Spotlight-nya agar platform ini menarik banyak perhatian. Perusahaan berjanji untuk memberikan $1 juta per hari kepada pembuat selama lebih dari sebulan unntuk membuat orang memposting video, mengisi layanan dengan hal-hal menyenangkan untuk ditinton.

Inisiatif ini tampaknya berhasil, melalui beberapa pembuat konten melihat layanan ini sebagai cara cepat untuk menghasilkan banyak uang. Pembuat konten saat ini telah mengupload rata-rata 175.000 video per hari, kata Spiegel dalam sambutannya.

“Meskipun masih sangat awal dalam pengembangan platform konten baru ini, kami sangat terdorong oleh hasil awal dan bersemangat tentang potensi Spotlight untuk lebih memperluas peluang monetisasi kami di masa depan,” kata Snap CFO Derek Andersen dalam sambutannya.

Saat ini, layanan tersebut telah diunggulkan dengan video, Spiegel menyatakan bahwa Snapchat dapat mulai melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mengoptimalkan sistem rekomendasinya. Iklan akan dihentikan, akan tetapi untuk saat ini perusahaan memiliki “fokus pada peningkatan keterlibatan”.

Spotlight masih jauh lebih terbatas dari TikTok. Opsi penjelajahan terbatas dan kamu tidak dapat me-remix suara atau menonton video dance untuk lagu populer. Kedua fitur yang telah membantu TikTok terus berkembang.

Perlu juga dicatat bahwa Snapchat memberikan angka dalam hal pengguna bulanan ketika perusahaan telah lama berfokus pada pengguna harian secara keseluruhan.

Hal itu menunjukkan penggunaan harian fitur ini lebih rendah, mengingat seseorang hanya perlu membuka tab sekali di bulan Januari untuk dianggap sebagai pengguna bulanan. Snapchat sekarang menawarkan 265 juta pengguna harian secara keseluruhan, naik dari 249 juta pada kuartal sebelumnya.

Baca juga, Spotify Berhasil Raih 155 Juta Pelanggan


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan