Youtube Hadirkan Fitur Short, Mirip TikTok

0
musisi indie

Chief Product Officer Youtube, Neal Mohan, telah mengungkapkan rangkaian fitur platformnya yang akan datang. Fitur pertama yang akan diperkenalkan tahun ini ialah Shorts. Yaitu, sebuah fitur video yang formatnya mirip TikTok.

Dilansir dari Engadget, Shorts telah dirilis sebagai fitur uji coba di India pada bulan Desember lalu. Fitur tersebut cukup sukses sehingga hasil Shorts yang diterbitkan oleh creator India telah mendapatkan lebih dari 3,5 miliar penayangan harian di seluruh dunia.

Shorts versi beta format akan tersedia di AS mulai Maret mendatang. Fitur ini juga memperluas ketersedian video berseri. Kembali pada tahun 2020, situs web telah meluncurkan fitur video berseri yang membuat navigasi lebih mudah dengan mengarahkan pemirsa ke bagian tertentu dari video yang ingin mereka tonton dalam satu klik.

Youtube akan segera membuat fitur Short terasa lebih intuitif dan akan mengembangkannya sehingga secara otomatis dapat menambahkan bagian ke video yang relevan meskipiun pembuatnya tidak membuat dan mengunggah bagian mereka sendiri.

Youtube TV juga akan memperkenalkan opsi add-on dalam waktu dekat. Fitur tersebut memungkinkan pelanggan menonton acara dalam 4K saat tersedia, atau mengunduhnya ke DRV untuk ditonton secara offline. Add-on ini juga akan mengaktifkan streaming bersamaan tanpa batas di rumah.

Pada akhir tahun ini, Youtube Kids akan meluncurkan alat orang tua baru, termasuk opsi yang akan memberi para orang tua cara untuk menambahkan video dan saluran tertentu dari platform utama ke pilihan tontonan anak-anak mereka.

Untuk memberikan cara lain kepada kreator untuk menghasilkan uang, Youtube akan membuat fitur tepuk tangan lebih banyak tersedia tahun ini setelah meluncurkannya sebagai fitur pengujian pada tahun 2020.

Fitur tersebut mirip dengan bagaimana pembuat Twitch dapat menghasilkan uang ketika penonton bersorak untuk mereka, para Youtuber juga dapat menghasilkan uang dari para vierwers yang membeli animasi tepuk tangan pada platform video mereka. Selain itu, situs web ini memperluas kemampuannya untuk berbelanja langsung dari video dengan mengetuk ikon tas belanja di kiri bawah layar.

Tidak jelas apakah perluasan fitur tersebut akan membuatnya tersedia untuk para pembuat konten dair belahan dunia lain, akan tetapi Youtube mulai menguji coba fitur tersebut untuk permirsa AS pada bulan Januari.

Baca juga, Google Perbarui Aplikasi Youtube Versi iOS


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan