Kebijakan Privasi Terbaru WhatsApp Rilis 15 Mei Mendatang

0
196
WhatsApp Januari

WhatsApp mengonfirmasi pada bulan Januari bahwa kebijakan privasi terbaru mereka akan berlaku mulai 15 Mei mendatang. Perusahaan mengatakan penggunanya akan kehilangan akses ke semua fitur yang penting jika mereka tidak menyetujuinya.

Dalam email yang diperoleh dari TechCrunch yang awalnya dikirim ke salah satu mitra pedagang WhatsApp, perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka yang tdiak menerima perubahan sebelum 15 Mei “tidak akan dapat membaca atua mengirim pesan dari aplikasi”.

Akan tetapi, “untuk sementara waktu. Pengguna akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan.” TechCrunch juga mencatat bahwa “short time” akan berlangsung selama beberapa minggu, namun fitur tersebut juga pada akhirnya akan hilang. Kamu masih bisa menerima polis setelah tenggat waktu yang ditentukan.

Email tersebut juga menyertakan link ke halaman FAQ yang dibuat oleh WhatsApp, mennjalankan perincian yang disebutkan di atas serta opsi bagi mereka yang tidak ingin menerima kebijakan privasi baru. Sebelum 15 Mei, kammu dapat menghapus akun kamu, mengunduh laporannya dan mengekspor riwayat obrolan kamu.

Mengenai kebijakan baru ini, WhatsApp menjelaskan dalam posting blog bahwa “persyaratan terbaru dan pembaruan kebijakan privasi tidak memengaruhi pesan pribadi. Perubahan tersebut terkait dengan fitur bisnis opsional di WhatsApp dan memberikan transparansi lebih lanjut terkait cara kami mengumpulkan dan menggunakan data.”

Awalnya, WhatsApp berencana untuk menerapkan perubahan ini pada 8 Februari, setelah menerima reaksi dari pengguna, perusahaan tersebut memperpanjang tanggal efektif.

“Kami telah mendengar dari begitu banyak orang betara banyak kebingungan seputar pembaruan kami baru-baru ini. Ada banyak informasi yang salah yang menyebabkan kekekhawatiran dan kami ingin membantu semua orang memahami prinsip dan fakta kami,” kata WhatsApp dalam posting blog bulan lalu.

Setelah menentukan tanggal perilisan pada bulan Mei, perusahaan berharap untuk “memberi [pengguna] cukup waktu untuk meninjau perubahan sesuai kecepatan dan kenyamanan [mereka] sendiri,” seperti yang diterbitkan oleh WhatsApp melalui halaman FAQ-nya.

Sebagai bentuk untuk membantu pengguna mengetahui apa yang mereka setujui dengan kebijakan baru, WhatsApp juga merinci beberapa hal yang berubah dari kebijakan yang lama.

Dengan semua informasi yang telah dirilis perusahaan seputar perubahan kebijakan baru, mungkin yang terbaik bagi pengguna WhatsApp untuk benar-benar meluangkan waktu dari sekarang hingga bulan Mei untuk membaca semuanya dengan cermat.

Baca juga, Penjelasan WhatsApp Terkait Kebijakan Privasi Platform

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here