Streaming Music Sumbang 83 Persen Pendapatan Industri Rekaman pada tahun 2020

0
170
reset password spotify

Tahun lalu, pandemi virus corona tidak memungkinkan kita untuk menonton konser secara langsung. Akan tetapi, industri musik masih menemukan cara untuk terus bertahan meskipun dengan banyak kesulitan.

Menurut laporan akhir tahun dari Asosiasi Industri Rekaman di Amerika, pendapatan musik rekaman secara keseluruhan meningkat 9,2 persen menjadi $12,2 miliar pada tahun 2020.

Pertumbuhan itu terutama ditopang oleh lebih banyak uang yang berasal dari layanan streaming dengan format yang menghasilkan pendapatan $10,1 miliar di tahun 2020, naik dari $8,9 miliar pada tahun 2019. 2020 menandai tahun kelima berturut-turut pertumbuhan di depan itu.

Dari platform utama, Spotify dan Apple Music adalah kontributor terbesar yang menghasilkan pendapatan $7 miliar di antara keduanya. Di saat yang sama, rata-rata jumlah pelanggan AS meningkat menjadi 75,5 juta, naik dari 60,4 juta di tahun sebelumnya.

Jika kamu menggabungkan semua angka tersebut, streaming menyumbang 83 persen dari total pendapatan industri. Penjualan CD dan unduhan digital terus menurun.

Namun, hal yang baik adalah jika mereka memiliki versi vinylnya. Penjualan fortma tersebut meningkat 29,2 persen daari tahun ke tahun menjadi $619,6 juta. Ini sangat mengesankan ketika kamu menganggap toko kaset harus tutup hampir sepanjang tahun.

Satu pertanyaan penting yang tidak dijawab oleh laporan RIAA adalah ke mana semua uang itu habis. Model streaming memberikan bayaran yang besar kepada artis-artis besar di dunia, akan tetapi mempersulit artis kecil dan independen untuk mencari nafkah dari musik mereka.

Dalam beberapa hal, masalah tersebut terjadi dalam industri dan diperparah dengan adanya pandmei virus corona. Ada seluruh sub-bagian profesional yang belum dapat berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari thaun ini karena musisi dan band tidak mungkin melakukan tour. Hal tersebutlah yang telah coba diatasi oleh platform seperti Bandcamp, tetapi perusahaan lain akan beralih ke model bisnis yang lebih adil sebelum masalahnya menjadi lebih baik.

Baca juga, Spotify Berhasil Raih 155 Juta Pelanggan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here