Ikuti Langkah ini untuk Rekam Zoom Meeting dari Aplikasi Dekstop dan Smartphone

0
388

Merekam Zoom meeting sangat penting. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi bagi para peserta yang tidak bisa hadir, sehingga mereka bisa mengulangnya sendiri. Nah, gimana sih caranya? Simak terus artikelnya ya, Paradiva?

Zoom menyediakan fitur rekam sendiri dalam aplikasinya yang dapat digunakan secara gratis. Sehingga, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk merekamnya.

Dilansir dari salah satu artikel milik Insider, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu ikuti untuk merekam Zoom meeting. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi deh jika ada peserta yang tidak bisa mengikuti meeting yang ingin kamu selenggarakan. Sementara, pada aplikasi Zoom di ponsel, kamu harus berlangganan membership terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur tersebut.

Cara Merekam Zoom Meeting melalui Aplikasi Dekstop

Sebelum kamu memasuki meeting dan mulai mereka, kamu harus memastikan dimanakah kamu harus menyimpan file ke folder yang sesuai pada dekstop kamu.

  1. Pada tab Home dari aplikasi, klik ikon gear kecil di pojok kanan atas. Kemudian, pilih tab Recording dan pilih folder tempat kamu ingin menyimpannya.
  2. Klik tombol Record di bagian bawah layar saat kamu berada dalam Zoom meeting. Tombol ini tidak akan muncul sama sekali jika host meeting tidak mengizinkannya.
  3. Kamu akan melihat label kecil bertuliskan “Recording……” di pojok kiri atas. Lalu, kamu dapat mejeda atau menghentikan perekaman dengan kontrol toolbar di bagian bawah layar.
  4. Klik tombol Stop untuk mengakhiri rekaman setelah kamu selesai. Rekaman video kamu akan disimpan ke komputer dan juga dapat ditemukan dalam tab Recorded dalam bagian Meetings pada aplikasi.
  5. Kamu dapat mengganti nama file sesuai keinginan dan mengirimkannya ke orang lain melalui email. Beberapa versi aplikasi Zoom juga akan menyimpan audio dan video secara terpisah sehingga kmau dapat mengirim keduanya atau hanya satu.
Cara Merekam Zoom Meeting Melalui Aplikasi Ponsel

Jika kamu berlangganan Zoom membership, kamu dapat merekamnya melalui aplikasi ponsel. Untuk digunakan pada aplikasi ponsel, rekaman ini bukan rekaman lokal yang biasanya disimpan langsung ke perangkat kamu. Sebaliknya, mereka akan menjadi rekaman cloud yang disimpan ke folder online, yakni Cloud.

Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan fitur tersebut pada aplikasi ponsel.

  1. Buka aplikasi Zoom pada perangkat iPhone atau Android kamu dan bergabunglah dalam meeting.
  2. Klik ikon tiga titik di sudut kanan bawah layar. Dari menu yang muncul, pilih opsi Record to the cloud (untuk perangkat iOS) atau Record (untuk perangkat Android). Jika kamu tidak melihat opsi tersebut, artinya kamu tidak memiliki akun Zoom membership.
  3. Zoom meeting akan mulai merekam dan ikon “Recording…” akan muncul di pojok kanan atas. Kamu dapat mengetuk ikon ini untuk menghentikan atau menjeda rekaman.
  4. Setelah kamu menghentikan perekaman, kamu dapat menemukan dan membagikannya dengan membuka bagian “My Recordings” di situs web Zoom. Rekaman meeting ini juga dapat diakses pada aplikasi desktop dengan membuka tab Meetings dan mengklik tombol Recorded pada sisi kiri atas layar.

Baca juga, Cara Screen Record Menggunakan Aplikasi QuickTime Player pada Komputer Mac

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here