Siapa yang Meluncurkan Website Pertama Kali?

0
89

Website pertama kali diusulkan oleh ilmuwan Inggris bernama Tim Berners-Lee pada Maret 1989. World Wide Web (WWW) ditemukan sebagai sarana berbagi informasi antar ilmuwan. Dalam satu setengah tahun, Berners-Lee membangun infrastruktur awal web termasuk HTTP dan HTML.

Dilansir dari Tech Spot, situs web pertama dihosting untuk karyawan pada komputer NeXT Berners-Lee di Kantor Pusat Jenewa, CERN pada tanggal 20 Desember 1990 sebelum diumumkan secara publik melalui posting Usenet alt.hypertext pada tanggal 6 Agustus 1991.

Saat ini, dihosting dalam https://info.cern.ch, situs pertama yang memberi petunjuk untuk mengakses dokumen dan mengatur server kamu sendiri. Berners-Lee tetap terlibat secara mendalam dengan web setelah meninggalkan CERN pada tahun 1994 untuk mendirikan World Wide Web Consortium (W3C), dimana ia hingga hari ini menjadi direktur organisasi tersebut.

Berners-Lee pada awalnya mengusulkan nama yang berbeda untuk aplikasi barunya. Antara lain Tambang Informasi (The Mine of Information) dan Jaring Informasi (Information Mesh) sebagai proposal. Pada akhirnya, World Wide Web dipilih, akan tetapi kemudian diubah menjadi Nexus untuk menghindari kebingungan antara World Wide Web dan browser web.

Tim ini membuat “browser pasif” yang tidak memiliki kemampuan untuk mengedit kontennya karena sulit untuk memporting fitur ini dari sistem operasi NeXT ke sistem operasi lain. Melakukan Porting ke Sistem X Windows (X) tidak dimungkinkan karena tidak ada seorang pun dalam tim tersebut yang memiliki pengalaman kode sumber X. Berners-Lee dan Groff kemudian mengadaptasi banyak komponen WorldWideWeb ke dalam versi bahasa pemrograman C, serta menciptakan API libwww.

Baca juga, Netflix Ujicoba Kebijakan Baru untuk Perketat Penggunaan Akun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here