Bantu Penyandang Tunarungu, Google Chrome Hadirkan Fitur Audio Caption dan Video di Web

0
213
Google Chrome Smartphone

Google memperluas fitur real-time caption miliknya, yakni Live Caption dari ponsel Pixel kepada siapapun yang menggunakan browser Chrome.

Fitur ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk secara spontan membuat teks untuk video atau audio yang sebelumnya tidak ada. Dengan adanya fitur Live Caption ini, penyandang tunarungu atau pengguna yang mengalami gangguan pendengaran dapat mengakses web dengan mudah.

Saat diaktifkan, Live Caption secara otomatis akan muncul dalam kotak kecil yang dapat dipindahkan di bagian bawah browser saat mekamu menonton atau mendengarkan konten dengan audio. Rangkaian kalimat akan muncul setelah sedikit penundaan pada setiap ucapan yang cepat atau gagap.

Namun secara umum, fitur tersebut sama mengesankannya dengan saat pertama kali ponsel Pixel diluncurkan pada tahun 2019. Capion akan muncul dengan audio yang dimute atau volume yang diturunkan. Sehingga dengan cara ini, pengguna dapat “membaca” video atau podcast tanpa mengganggu orang lain di sekitar mereka, terlebih fitur tersebut juga tersedia secara offline.

Live Caption tersebut juga berfungsi pada video Youtube, streaming Twitch, pemutar podcast, bahkan layanan streaming musik seperti SoundCloud dalam pengujian awal yang dijalankan oleh The Verge.

Google juga mengatakan Live Caption ini dapat berfungsi dengan file audio dan vidoe yang disimpan dalam hard drive kamu jika dibuka dalam Chrome. Namun, fitur Live Caption di Chrome ini hanya berfungsi dalam bahasa Inggris yang juga berlaku di perangkat seluler.

Fitur tersebut dapat digunakan pada versi terbaru Chrome dengan cara membuka menu Settings > Advance > Accessibility. Jika kamu tidak melihat fitur tersebut, coba perbarui dan restart ulang browser kamu secara manual. Saat kamu mengakitfkannya, Chrome akan dengan cepat mengunduh beberapa file pengenalan ucapan, lalu caption tersebut akan muncul saat browser kamu memutar audio saat orang-orang sedang berbicara.

Live Caption pertama kali diperkenalkan oleh Andorid Q beta, akan tetapi hingga saat ini, teks tersebut eksklusif untuk beberapa ponsel Pixel dan Samsung. Kini setelah menggunakan Chrome, Live Caption kaan tersedia untuk audiens yang lebih luas.

Live Caption saat ini telah tersedia untuk Chrome untuk pengguna Linux, Mac dan Windows. Google mengatakan fitur tesebut juga akan segera hadir dalam Chrome OS.

Baca juga, Chrome OS 87 Tambahkan Tab Search untuk Bantu Kamu Temukan Tab Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here