Diluncurkan Pertama Kali di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga dari OPPO A54!

0

Hari ini (29/3), OPPO meluncurkan perangkat baru untuk seri A miliknya di tahun 2021, yakni OPPO A54. Melalui peluncuran ini, Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki OPPO A54.

Dengan menawarkan beragam fitur dan harga yang terjangkau, OPPO A54 memiliki berbagai keunggulan teknologi. Mengingat memang ponsel ini diperuntukan untuk semua orang dari usia 18-35 tahun.

“OPPO A54 hadir sebagai perwujudan wajah baru lini seri A di tahun 2021. Berbeda dengan pendahulunya OPPO A54, seri baru ini menawarkan berbagai keunggulan teknologi dan perangkat keras kelas atas untuk hadir pertama kalinya pada lini seri A, seperti kehadiran layar single punch-hole dan sertifikasi IPX4. OPPO A54 juga hadir membawa desain modern dengan pilihan warna yang stylish dan fashionable,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Aryo juga menjelaskan bahwa OPPO A54 memiliki desain modern dengan warna pilihan yang stylish dan fashionable. Perangkat memiliki pembaruan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak muda di Indonesia.

Desain Stylish Kokoh

Untuk OPPO A54 ini, OPPO membawa pembaruan desain pada perangkat. Memilliki desain modern, perangkat ini dilengkapi dengan tiga kamera utama beserta lampu kilat, ditempatkan dalam sebuah bingkai persegi pada sudut kiri atas.

Dilengkapi dengan sentuhan kecil pada bagian yang menjadi pemisah antara kamera dan lampu kilat, OPPO A54 tampil lebih stylish dan memiliki warna berbeda dengan perangkat.

Pada OPPO A54 ini, OPPO menyajikan material terbaik dengan rangka tengah setebal 0,2mm dan dipadu dengan bingkai alumunium yang memberikan kean perangkat solid sekaligus kokoh.

Lebih lanjut, OPPO juga melakukan optimilasi pada struktur perangkat dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan.

Sementara, bingkai perangkat dibuat menggunakan teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan. Sehingga menghasilkan warna gradasi pada bingkai yang terkesan halus dan modern.

Memiliki Layar Modern

OPPO A54 memiliki layar bertipe single punch-hole 6.51 inci. Layar ini menjadi pembeda antara perangkat ini dengan perangkat miliki kompetitor yang masih menggunakan solusi layar waterdrop dengan harga setara.

Tak hanya itu, layar OPPO A54 memiliki teknolgi tinggi yang telah diperkenalkan sebelumnya pada Reno5 F. Yakni, dilengkapi dengan fitur Eye Comfort, Sunlight Screen, Moonlight Screen dan AI Smart Backlight.

Fitur Eye Comfort berfungsi untuk mengurangi cahaya biru pada layar untuk mencegah ketegangan pada mata. Pengguna secara manual dapat mengaktifkan fitur ini atau mengatur periode terjadwal.

Lebih lanjut, adapula fitur Sunlight Screen untuk menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Jika fitur tersebut diaktifkan, maka kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.

Sementara itu, Moonlight Screen merupakan fitur kebalikannya. Fitur tersebut yang berfungsi secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, sehingga membuat layar terasa lembut dan tidak menyilaukan mata.

Fitur terakhir yang dihadirkan adalah AI Smart Backlight yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Lebih dari itu, fitur ini juga dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna.

Fitur Kamera yang Berkualitas

Pada bagian kamera, OPPO A54 dilengkapi dengan Triple Main Camera. Terdiri dari kamera utama 13MP, kamera makro 2MP dan kamera bokeh 2MP. Kamera ini dilengkapi dengan berbagai fitur kecerdasan buatan yang dapat digunakan pengguna untuk mengungkapkan berbagai ekspresi mereka melalui media sosial.

Sementara itu,  fitur pada kameranya juga tak kalah canggihnya dari fitur lainnya. Pada OPPO A54 ini, OPPO menghadirkan fitur Dazzle Color, AI Scene Recognition, Ultra Night Mode, AI Beautification 2.0.

Fitur pertama adalah Dazzle Color yang mampu meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui alogirtma kecerdasan buatan, serta menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna.

AI Scene Recognition yang dapat mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan, ada 23 suasan yang dapat dikenali oleh perangkat ini. Sementara, Ultra Night Mode yang menjadi solusi fotografi malam hari. Fitur ini dapat diaktifkan secara manual pada lingkungan rendah cahaya secara eksposur dan meningkat. Perangkat akan melakukan pengukuran berbasis kecerdasan buatan kemudian melakukan penyesuaian untuk memberikan caha pada bagian gelap.

OPPO A54 juga memiliki fiutr panorama yang dapat mengambil gambar dengan sudut 180º. Fitur terakhir adalah AI Beautification 2.0 dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. OPPO memperbarui kemampuan fitur ini pada A54 sehingga dapat melakukan penyesuaian cerdas dengan cara mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek pemercantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia terutama saat berswafoto.

Peforma Perangkat

Guna menunjang kebutuhan pengguna, OPPO A54 dilengkapi dengan prosesor Mediatek Helio P35. Dimana prosesor tersebut dapat memenuhi komputasi kecerdasan buatan, bekerja kencang dan menawarkan pengaturan sumber daya yang baik.

Kapasitas RAM 4GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB. Oleh karena itu, OPPO A54 ini diklaim dapat berjalan secara mulus. Apalagi, perangkat tersebut dilengkapi dengan tipe RAM LPDDR4X yang memiliki peningkatan performa puncak 10% lebih tinggi dibanding teknologi sebelumnya.

Lebih lanjut, OPPO A54 dilengkapi dengan 5 sensor suhu yangdapat merasakan sumber panas dan dengan cerdas dapat memilih skema pembuangan panas yang optimal.

Multi-layer Heat Dissipation diterapkan pada perangkat ini dengan menggunakan lembaran grafit pada bagian penutup layar, rangka tengah, penutup belakang, dan speaker, serta bahan konduktivitas termal tinggi pada bagian rangka tengah, kesemuanya dibuat untuk melakukan optimalisasi suhu perangkat.

Dilengkapi dengan sertifikasi IP rating, OPPO menambahkan lapisan penahan air dan memberikan ketahanan cukup untuk penggunaan sehari-hari. OPPO juga telah melakukan rain of pope swing test selama 10 menit. Hasilnya tidak terjadi kegagalan fungsi setelah 72 jam, sehingga perangkat tersebut telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Di sisi sumber daya, OPPO A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan konektor pengisian daya Type C. Baterai sebesar ini dapat bertahan selama 2,2 hari, digunakan untuk melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam.

OPPO A54 juga dipasangi dengan perlindungan baterai overcharge dan over-discharge, sirkuit pendek dan proteksi arus berlebih serta tinta tahan api untuk memproteksi kebakaran level V-0. 

ColorOS 7.2

OPPO A54 dilengkapi dengan sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Membawa berbagai keunggulan, salah satunya adalah HyperBoost. Dimana teknologi ini merupakan mesin pendorong kinerja yang tersedia eklusif untuk OOPO yang terdiri dari ketiga kemampuan inti seperti, scenario-based acceleration, smart frame rate, dan touch optimization. HyperBoost memungkinkan aplikasi dan game merespons lebih cepat, yang mengarah pada peningkatan kelancaran pada tingkatan sistem. 

Melalui ColorOS 7.2, OPPO menghadirkan fitur Black Screen Mode dan Photo Translator. Fitur Black Screen Mode dapat memberikan pengalaman baru dan kenyamanan pada pengguna saat mendengarkan video di Youtube atau aplikasi lain.

Dengan menggunakan Black Screen Mode, aplikasi akan terus berjalan ketika layar dimatikan. Tak hanya itu, fitur ini secara efektif juga dapat mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan dapat mengurangi konsumsi daya ponsel.

Sementara, Photo Translator memanfaatkan bantuan Google Lens, OCR (Optical Character Recognition) akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

Harga OPPO A54

OPPO A54 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Crystal Black dan Starry Blue yang akan dipasarkan seharga Rp. 2.699.000.

Perangkat ini akan mulai dijual pada 1 April mendatang secara daring di aplikasi e-commerce Indonesia dan secara luring di jaringan OPPO Store Indonesia.

Spesifikasi Lengkap OPPO A54
Dimensi & Berat Dimensi: 163.6 mm x 75.7 mm x 8.4 mm

Berat: sekitar 192 g

Tampilan 6.51-inches Single Punch-hole Display

1600×720 pixels Liquid Crystal LCD

60Hz Refresh Rate

89.2% Screen to Body Ratio

Sensor Sidik Jari Pembuka Sidik Jari Samping
Prosesor Mediatek Helio P35 
RAM 4GB LPDDR4X
Penyimpanan 128GB, dapat diperluas hingga 256 GB dengan MircroSD
Kamera Utama
  • 13MP Kamera Utama
  • 2MP Kamera Makro 
  • 2M Kamera Bokeh
Kamera Depan
  • 16MP Kamera Swafoto
Baterai &

Pengisian Daya

5000mAh

18W Fast Charge

Sistem Operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Warna Crystal Black dan Starry Blue
Harga Rp2.699.000

 

Baca juga, Deretan Fitur Kamera OPPO Reno5 F


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan