Ikuti Cara ini untuk Memutar Youtube Sebagai Backsound pada Perangkat iOS dan Android

0
290
Mini-Player

Youtube adalah salah satu platform konten yang paling beragam di dunia, tutorial, acara televisi dan bahkan video musik terbaru sangat mudah ditemukan. Namun, terkadang yang ingin kamu lakukan hanyalah mendengarkan musik di Youtube tidak benar-benar menontonnya.

Menutup aplikasi Youtube akan menghentikan pemutaran video, akan tetapi ada beberapa solusi sederhana yang memungkinkan kamu mendengarkan video sebagai backsound. Lebih baik lagi, ada cara untuk mendapatkan pemutar Youtube pop-up mini saat kamu menjelajah di tempat lain.

Dilansir dari Digital Trend, berikut ini adalah panduan sederhana tentang cara memutar Youtube seabgai backsound untuk perangkat iOS dan Android.

Menggunakan Youtube Premium untuk Perangkat iOS dan Android

Youtube Premium secara resmi memungkinkan kamu untuk menutup aplikasi tanpa menghentikan konten yang sedang kamu putar. Layanan ini juga dapat menghilangkan iklan di desktop maupun smartphone.

Tak hanya itu, layanan tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh video. Namun yang terpenting untuk tujuannya adalah untuk terus mendengarkan setelah mematikan layar ponsel atau menavigasikan ke aplikasi lain. Aplikasi ini telah tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

Memutar Video di Browser Terentu (iOS)

Meskipun mematikan layar dan melanjutkan atau mendengarkan Youtube adalah larangan di Safari dan Chrome, kamu dapat menggunakan Control Center Apple dengan browser tertentu lainnya untuk melewati batasan Youtube. Firefox dan Opera Touch adalah dua browser yang pasti berfungsi dengan metode ini.

  1. Navigasikan ke Youtube dari browser pilihan kamu.
  2. Kemudian, cari video yang ingin kamu putar.
  3. Lalu, setelah kamu menemukan dan membuka video, ubah ke versi dekstop pada situs tersebut. Catatan: langkah ini akan bervariasi tergantung pada browsser yang kamu gunakan, akan tetapi biasanya diakses dari tombol Option pada kanan atas, diikuti dengan ketukan pada opsi situs Dekstop.
  4. Putar video yang kamu pilh.
  5. Kembali ke Home Screen, lalu swipe layar ke atas untuk membuka Control Center-mu.
  6. Klik tombol Play untuk memutar video kamu, bahkan saat layar ponselmu mati.

Perhatikan, kamu mungkin tidak dapat mematikannya lagi dari Control Center, namu kamu dapat mengaksesnya dari browser untuk menghentikan video.

Memutar Video dengan Firefox dan Chrome (Android)

Untuk melakukannya pada perangkat Android, pengguna dapat menggunakan browser Firefox dan Google Chrome. Kamu dapat menggunakan salah satu browser, akan tetapi versi Chrome kamu harus versi 54 atau lebih tinggi.

  1. Buka Firefox atau Chrome seperti biasa, lalu buka situs web Youtube.
  2. Pastikan kamu mengetik “youtube.com” pada entri URL karena mengetuk Youtube pada hasil penelusuran Google biasanya akan membuka aplikasi.
  3. Arahkan ke video yang ingin kamu putar sebagai backsound.
  4. Buka menu Settings dengan mengetuk tiga titik di sudut kanan atas jendela.
  5. Setelah itu, klik Request dekstop site.
  6. Mulai video yang ingin kamu putar, lalu klik Home untuk menutup browser kamu. Catatan: jika video berhenti diputar saat menggunakan Chrome, kamu mungkin juga harus menurunkan bilah notifikasi dan menekan putar.
  7. Pastikan kamu tidak menutup layar sebelu menekan tombol Home. Pasalnya, hal tersebut akan menyebabkan video berhenti secara otomatis.
Picture-in-picture mode pada Android 8.0 Oreo

Sejak peluncuran Android 8.0 Oreo, Android telah mengaktifkan “Picture-in-picture mode” yang secara otomatis memunculkan jendela tampilan miniatur jika kamu keluar dari Youtube. Jendela ini dapat dipindahkan kemana saja pada layar dan diketuk untuk memperbesar atau mengakses kontrol pemutaran.

Dulu, fitur ini merupakan fitur yang dibatasi hanya untuk pelanggan Youtube Red, namun dengan diperkenalkannya Youtube Premium, Google telah mulai menawarkan fitur ini di Youtube untuk non-pelanggan selama berada di Amerika Serikat.

Namun, fitur ini tidak akan berfungsi dengan konten diklasifikasikan sebagai musik. Jadi, kamu tetap harus membayarnya.

Pada sebagian besar ponsel Android, mencari tahu versi mana yang kamu miliki cukup mudah. Buka Settings About Phone > Android Version. 

Memutar dalam Bentuk Pop-up Video (Android)

Meskipun Android 8.0 Oreo memiliki fitur bawaan untuk menonton Youtube, jika kamu memiliki versi sebelumnya, kamu dapat mengunduh aplikasinya. Awesome Pop-up Video ini akan memutar video pilihan kmau di jendela pop-up sehingga kamu dapat melakukan hal lain saat video diputar.

Cukup unduh Awesome Pop-Up Video dari Google Play, lalu cari video yang ingin kamu putar langsung dalam aplikasi. Klik video tersebut, lalu video akan otomatis terbuka dalam jendela terpisah yang dapat kamu pindahkan di sekitar layar. Mirip dengan fitur picture-to-picture.

Sayangnya, jika kamu menutup layar, video kamu akan berhenti. Namun, dengan format picture-to-picture, kamu setidaknya dapat menggunakan layar utama dengan audio pada dasarnya untuk backsound.

Awesome Video Pop-up juga menawarkan opsi premium untuk melihat video yang diunduh secara offline dan menghapus iklan.

Baca juga,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here