Wednesday, 14 April 2021
More

    Latest Posts


    Spotify Luncurkan Perintah Suara yang dinamakan ‘Hey Spotify’

    Spotify meluncurkan perintah suara yang bernama “Hey Spotify”. Namun, platform tersebut memilih untuk tidak mengumumkannya secara resmi.

    Dilansir dari Tech Crunch, banyak laporan yang menyatakan bahwa opsi suara tersebut telah muncul untuk beberapa pengguna. Oleh karena itu, hal tersebut menyebabkan kebingungan bagi pengguna tentang ketersediaan.

    Laporan awal dari GSM Arena menunjukkan bahwa pengguna Android telah dikirimi notifikasi push yang memberi tahu mereka seputar fitur tersebut. Notifikasi tersebut menyarankan pengguna untuk cukup mengatifkan microfon, lalu ucapkan, “Hai Spotify, Putar Lagu Favorit saya”.

    Selanjutnya, saat kamu mengetuk layar, notifikasi akan meluncurkan antarmuka suara baru Spotify dimana pengguna didorong untuk terlebih dahulu memberi izin aplikasi untuk menggunakan mikforon agar dapat secara lisan meminta musik yang ingin mereka dengar.

    Beberapa outlet segera melaporkan bahwa fitur tersebut diluncurkan oleh pengguna Android yang hanya sebagian saja benar. Ternyata, fitur tersebut juga masuk ke perangkat iOS ketika kamu meluncurkan aplikasi Spotify di sini pada iPhone yang menjalankan iOS 14.5.

    Kamu cukup mengetuk tombol microfon di dekat kotak pencarian untuk mendapatkan pengalaman suara. Mungkin kamu bertanya-tanya dan menemukan bahwa pengguna iPhone lain di berbagai versi sistem operasi iOS juga memiliki fitur tersebut. Termasuk para pengguna gratis, pelanggan Premium dan pelanggan Paket Keluarga Premium.

    Layar ponselmu akan menampilkan teks besar dan tebal yang bertuliskan kamu dapat mengatakan, “Hey Spotify, putar [judul konten yang ingin kamu putar]” diikuti dengan nama artis secara acak. Selanjutnya, tombol hijau besar juga ditampilkan di bagian bawah untuk mengaktifkan “Hey Spotify”.

    Setelah diaktifkan, kamu dapat menyebutkan nama artis, album, lagu dan playlist yang ingin didengar. Serta, kamu juga dapat mengontrol pemutaran dengan perintah seperti berhenti, jeda, lewati lagu ini, kembali dan lainnya. Spotify mengonfirmasi perintah dengan suara pria yang terdengar seperti robot secara default.

    Layar ponselmu juga akan memberi tahu pengguna bahwa saat mendengar perintah suara “Hey Spotify”, aplikasi akan mengirimkan data suara pengguna dan informasi lainnya pada Spotify. Ada link kebijakan Spotify terkait penggunaan data suaranya.

    Link tersebut selanjutnya menjelaskan bahwa Spotify akan mengumpulkan rekaman dan transkrip dari apa yang kamu katakan bersama dengan informasi seputar konten yang dikembalikan kepada kamu.

    Spotify menyatakan bahwa mereka akan terus menggunakan data ini untuk meningkatkan fitur, mengembangkan fitur suara baru dan menargetkan pengguna dengan iklan yang relevan. Fitur ini juga dapat membagikan informasi kamu dengan penyedia layanan, seperti penyedia penyimpanan cloud.

    Kebijakan tersebut tampaknya sama dengan kebijakan yang digunakan bersama dengan iklan yang mengaktifkan suara Spotify yang diluncurkan tahun lalu. Jadi, tampaknya kebijakan tersebut tidak diperbarui untuk ssepenuhnya mencerminkan perubahan yang diaktifkan dengan peluncuran “Hey Spotify”.

    Namun, hal tersebut menunjukkan bahwa sama seperti asisten suara lainnya, Spotify tidak hanya merekam secara terus-menerus menunggu.

    Baca juga, Spotify Raih 155 Juta Pelanggan

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR