TikTok Gelar Program #SamaSamaBerbagi Ajak Pengguna Berbagi Kebahagiaaan Selama Ramadan
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Jumat, 16 April 2021 - 11:52 WIB
Kemarin (15/4), TikTok meresmikan program Ramadan bertajuk #SamaSamaBerbagi. Program ini bertujuan menghadirkan pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat.
Program ini berlangsung dari tanggal 5 April hingga 16 Mei 2021 mendatang. TikTok melibatkan pengguna dari berbagai latar belakang unntuk berbagi melalui rangkaian menarik yang dikemas dalam bentuk festival online dalam aplikasi.
“Ramadan identik dengan kemeriahan, dimana kita biasanya berbagi kegembiraan di momen-momen bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Sebagai platform berbasis kreatif, TikTok ingin membawa kemeriahan tersebut ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth, agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan,” ujar Angga Anugrah Putra, Head of Content and User Operations TikTok Indonesia.
Ramadan di masa pandemi kali ini berbeda dari tahun lalu. Tahun ini, masyarakat lebih optimis karena sudah terbiasa menjalani gaya hidup online yang serba digital. Hal senada juga tergambar dalam komunitas TikTok.
Dalam sebuah riset internal TikTok padadesamber 2020, diungkapkan bahwa 71% pengguna merayakan Ramadan dengan cara masing-masing dari rumah. Mereka mencari inspirasi dan hiburan dengan format video singkat dari TikTok, ditunjukkan dari engagement yang meningkat hingga 29% dibanding hari biasa.
Program #SamaSamaBerbagi ini menjadi alternatif bagi komunitas untuk merayakan puasa dan Lebaran dari rumah dengan cara menyenangkan. Melalui komunitas TikTok yang inklusif, mulai dari konten kreator, selebriti, tokoh masyarakat, hingga pelaku bisnis, pengguna dapat saling berbagi kebahagiaan dan kebersamaan Ramadan dari rumah menggunakan fitur dan creative tools TikTok yang canggih.
Program ini dikemas dalam format online booth melalui beberapa program di antaranya adalah:
- Inspirasi Ramadan dalam bentuk konten video yang beragam, mulai dari #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #GayaRamadan untuk kategori fesyen, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menyaksikan Ramadan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
- Sticker dan music spesial Ramadan yang mendukung pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan dengan unik, seperti mudik online.
- Ramadan Live Sales Sessions yang memberikan platfrom bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok. Didukung dengan ekosistem TikTok yang unik dan dilengkapi dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna saat Puasa dan Lebaran dengan cara menyenangkan.
Keseruan Ramadan di TikTok kali ini turut dirasakan ole para kreator yang sering membagikan inspiratif di akun mereka. Dimas (@dimsthemeatguy), top kreator TikTok kategori kuliner ini mengatakan, “SamaSamaBerbagi ini menjadi semangat buat saya sebagai konten kreator untuk menginspirasi orang-orang dengan berbagai resep daging yang biasa saya bagikan, sehingga masyarakat bisa punya banyak pilihan saat memasak menu sahur atau buka puasa dari rumah.”
Jihan Sahira (@hundji), top kreator TikTok kategori Fesyen pun menambahkan “Meskipun di rumah saja, kita juga perlu menggunakan pakaian yang bisa meningkatkan mood selama menjalani puasa dan lebaran. Harapannya semoga konten-konten yang saya dan kreator lainnya bagikan bisa jadi referensi dan menambah semangat semua pengguna TikTok jalani Ramadan.”
Angga Anugrah menjelaskan berbagai inisiatif TikTok selama bulan Ramadan ini diharapkan bisa mengakomodasi kebutuhan pengguna dari berbagai latar belakang selama bulan Ramadan.
“Misi TikTok adalah membawa kebahagiaan di berbagai momen melalui format video singkat. Di bulan Ramadan kali ini, harapannya pengguna, kreator, hingga pelaku bisnis punya rumah yang nyaman dan menyenangkan di TikTok untuk sama sama berekspresi dan berkreasi,” tutupnya.
Untuk mengikuti keseruan program #SamaSamaBerbagi, Paradiva bisa mengunjungi link di sini.
Baca juga,
Artikel Terkait
Dukung Generasi Muda Meraih Mimpi, PermataBank Luncurkan Kampanye #CantStopME
Hari ini (15/4), PermataBank baru saja meluncurkan kampanye #CantStopMe by PermataME melalui Virt..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Garena Gelar Booyah Ramadan, Hadirkan Anya Geraldine dan Angga Yunanda
Dalam rangka menemani para pemain Free Fire selama ngabuburit, Garena meluncurkan event terbaruny..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Aplikasi Helo Resmi Meluncur Di Indonesia
Hari ini (15/4), aplikasi Helo resmi hadir di Indonesia. Menjadi bagian dari perusahaan ByteDance..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Mungkinkan Pengguna Menyembunyikan Jumlah Likes, Instagram Ujicoba Toggle On-Off Like
Pengujian Instagram terbaru memberi pengguna lebih banyak kontrol untuk feeds mereka. Dimana mela..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250