Cara Facebook Tangkal Hoax, Baca Sebelum Sharing

0
47
facebook hoax

Jargon read before sharing rupanya menjadi dasar bagi platform media sosial raksasa untuk membuat fitur terbaru, khususnya untuk menangkal hoax. Setelah Twitter membuat fitur menangkal hoax, Facebook pun ikutan dengan mengupayakan pesan pop-up atau notifikasi agar pengguna bisa membaca berita secara penuh sebelum membagikan ke orang lain.

Fitur baru tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba. Sekitar enam persen dari total pengguna Facebook Android di seluruh dunia akan menikmatinya. Mereka akan mendapatkan pesan yang muncul tiba-tiba saat mendapatkan sebuah artikel di feed Facebook. Pesan itu berisi imbauan untuk membaca artikel tersebut seutuhnya.

Usai pesan itu muncul, kita sejatinya masih bisa membagikan postingan itu langsung tanpa harus membacanya secara utuh. Namun ide dasar dari fitur ini adalah sebuah imbauan yang diharapkan bisa mengubah keputusan pengguna dalam membagikan artikel yang tidak jelas, tidak membaca artikel hanya berdasarkan judul. Akibatnya, artikel hoax akan diminimalisir.

Sejatinya, Facebook telah mencoba pesan pop-up ini sejak tahun lalu. Juni lalu, perusahaan meluncurkan pesan pop-up untuk memperingatkan pengguna sebelum mereka membagikan konten apa pun yang berusia lebih dari 90 hari, dalam upaya untuk mengurangi cerita menyesatkan yang diambil dari konteks aslinya.

Facebook juga telah meluncurkan fitur untuk mengurangi adanya misinformasi terkait Covid-19 dan Pemiliu AS 2020. Strategi itu menunjukkan preferensi Facebook untuk mendorong pengguna menjauhi informasi yang salah, dan lebih memilih sumber yang terverifikasi.

Sebelumnya, Twitter juga telah membuat fitur yang sama Juni lalu. Mereka memberikan notifikasi kepada pengguna untuk membaca postingan dalam artikel itu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk me-retweet. Uji coba yang melibatkan pengguna dalam jumlah terbatas itu diklaim Twitter berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here